Analisis Penerapan Gaya Belajar dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Peserta Didik Kelas III SDN Pedurungan Lor 02 Semarang

Authors

  • Jauharotun Nafisah Universitas PGRI Semarang
  • Harto Nuroso Universitas PGRI Semarang
  • Rasiman Rasiman Universitas PGRI Semarang
  • Agus Suwarto Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13549

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya belajar peserta didik pada pembelajaran berdiferensiasi untuk peserta didik kelas III SDN Pedurungan Lor 02. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokmentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru untuk mengatasi perbedaan gaya belajar peserta didik, yaitu pendekatan intensif kepada peserta didik mengenal gaya belajar mereka sehingga guru dapat menyusun strategi pembelajaran yang tepat untuk menerapkan pembelajaran berdiferensiasi. Berdasarkan hasil penelitian di kelas III SDN Pedurungan Lor 02 menunjukkan bahwa 30 peserta didik mempunyai gaya belajar yang berbeda, yaitu visual sebanyak 17 %, auditori 35%, dan kinestetik 48%. Pembelajaran berdiferensiasi digunakan untuk memfasilitasi peserta didik dengan perbedaan gaya belajar ini.

Downloads

Published

2023-04-19

How to Cite

Nafisah, J. ., Nuroso, H. ., Rasiman, R., & Suwarto, A. . (2023). Analisis Penerapan Gaya Belajar dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Peserta Didik Kelas III SDN Pedurungan Lor 02 Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4749–4755. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13549

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>