Pengaruh Literasi Sains Fisika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di Pondok Pesantren Mardhotillah Tanoponggol
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11621Abstract
Dunia pendidikan saat ini menerapkan suatu pembelajaran terhadap siswa. Melalui observasi yang dilakukan masih menggunakan metode ceramah sehingga konsep dalam pemahaman fisika masih rendah sehingga menghasil hasil belajar fisika yang rendah. Salah satu yang digunakan untuk mengembangkan dalam menemukan konsep adalah melalui literasi yang merupakan suatu upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam menjawab tantang abad ke-21 dalam mempersiapkan SDM yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui pengaruh literasi sains fisika terhadap hasil belajar siswa di Pondok Pesantren Mardhotillah Tanoponggol. Penelitian yang dilakukan secara quasi eksperimen, populasi Penelitian ini adalah siswa kelas VIII Pondok Pesantren Mardhotillah. Pemilihan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan tes Hasil Belajar yang telah valid dan realibel.. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan selanjutnya menggunakanUji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan literasi sains dengan nilai menggunakan literasi sains lebih baik dibandingkan dengan konvesional dimana menggunakan literasi menggunakan kelas eksperimen dan konvensional merupakan kelas kontrol. Setelah dilakukan perlakuan pada kedua kelas dengan perlakuan yang berbeda nilai kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas eksperimen yaitu 79 dan kelas kontrol 70,50.Downloads
Published
2023-01-16
How to Cite
Nasution, E. S. ., Siregar, E. ., Rahmawati, T. ., & Nasution, F. . (2023). Pengaruh Literasi Sains Fisika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di Pondok Pesantren Mardhotillah Tanoponggol. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3820–3828. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11621
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Eni Sumanti Nasution, Evitamala Siregar, Tinur Rahmawati, Fauziah Nasution
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).