Peran Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10680Abstract
Pendidikan anak usia dini merupakan upaya untuk merangsang, membimbing, mengasuh, dan memberikan kegiatan pembelajaran yang mampu menghasilkan kemampuan dan keterampilan bagi anak. Pendidikan anak usia dini adalah pendidikan yang dilaksanakan pada anak sejak lahir sampai dengan usia delapan tahun (Modul 1 Nest, 2007: 3). Dalam pembentukan karakter anak usia dini diperlukan peran penting dari pola asuh orang tua dimana peran orang tua merupakan pilar utama dalam pendidikan anak usia dini, karakter pada anak usia dini dapat berkembang dengan mendapatkan stimulus yang baik dan sebaliknya jika diberikan stimulus yang buruk. maka hal ini akan membentuk karakter yang buruk bagi anak usia dini, karena anak usia dini memiliki sikap spontan yang tidak dapat membedakan antara perilaku baik dan buruk. Pengaruh luar yang dapat membentuk karakter pada anak usia dini adalah pengaruh lingkungan, lingkungan itu sendiri terbagi menjadi tiga bagian yaitu lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan mendapatkan gambaran mengenai peran pola asuh dalam pembentukan karakter anak usia dini. Melalui penelitian kepustakaan, yang pada hakekatnya penelitian ini memiliki tiga ciri utama yaitu penemuan pengetahuan baru serta pembuktian dan pengembangan pengetahuan yang sudah ada.Downloads
Published
2022-12-26
How to Cite
Alwi, M. H. ., Nurfaridah, K. ., Purba, S. A. B. ., Hati, S. P. ., & Nasution, F. . (2022). Peran Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 13067–13075. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10680
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 M. Hadad Alwi, Kharisma Nurfaridah, Siti Aisyah Br. Purba, Suci Permata Hati, Fauziah Nasution
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).