Efektivitas Penggunaan Buku Ajar Pada Perkuliahan Kalkulus Diferensial Berbasis Blended Learning

Authors

  • Nova Christina Dewi Universitas Graha Nusantara
  • Yuni Rhamayanti Universitas Graha Nusantara
  • Eni Sumanti Nasution Universitas Graha Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11400

Abstract

Pandemi Covid 19 merupakan situasi yang merubah semua tantang masyarakat, termasuk dibidang pendidikan. Menyikapi hal tersebut, salah satu jalan keluar dengan adanya penerapan blended learning pada proses perkuliahan. Inovatif penyusunan bahan ajar berbasis blended learning menjadikan bahan bagi mahasiswa dalam proses pembelajaran blended learning berlangsung. Adapun, maksud dari penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pada buku ajar Kalkulus Diferensial berbasis blended learning. Pendekatan penelitian berupa deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Instrumen yang digunakan berupa angket, tes dan pedoman wawancara. Teknik analisis pada penelitian ini berupa deskriptif kuantitatif berupa persentase dan analisis deskripsi kualitatif. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa Efektivitas pengembangan bahan ajar berbasis blended learning ini dikatakan efektif dari kacamata dosen pengampu dan mahasiswa yang dapat meningkatkan aktivitas belajar, motivasi dan hasil belajar mahasiswa pendidikan matematika. Implikasi dari penelitian ini merupakan solusi dari berbagai tantangan yang ada.

Downloads

Published

2023-01-12

How to Cite

Dewi, N. C. ., Rhamayanti, Y. ., & Nasution, E. S. . (2023). Efektivitas Penggunaan Buku Ajar Pada Perkuliahan Kalkulus Diferensial Berbasis Blended Learning . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2753–2761. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11400