Efektivitas Penggunaan Buku Ajar Pada Perkuliahan Kalkulus Diferensial Berbasis Blended Learning
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11400Abstract
Pandemi Covid 19 merupakan situasi yang merubah semua tantang masyarakat, termasuk dibidang pendidikan. Menyikapi hal tersebut, salah satu jalan keluar dengan adanya penerapan blended learning pada proses perkuliahan. Inovatif penyusunan bahan ajar berbasis blended learning menjadikan bahan bagi mahasiswa dalam proses pembelajaran blended learning berlangsung. Adapun, maksud dari penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pada buku ajar Kalkulus Diferensial berbasis blended learning. Pendekatan penelitian berupa deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Instrumen yang digunakan berupa angket, tes dan pedoman wawancara. Teknik analisis pada penelitian ini berupa deskriptif kuantitatif berupa persentase dan analisis deskripsi kualitatif. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa Efektivitas pengembangan bahan ajar berbasis blended learning ini dikatakan efektif dari kacamata dosen pengampu dan mahasiswa yang dapat meningkatkan aktivitas belajar, motivasi dan hasil belajar mahasiswa pendidikan matematika. Implikasi dari penelitian ini merupakan solusi dari berbagai tantangan yang ada.Downloads
Published
2023-01-12
How to Cite
Dewi, N. C. ., Rhamayanti, Y. ., & Nasution, E. S. . (2023). Efektivitas Penggunaan Buku Ajar Pada Perkuliahan Kalkulus Diferensial Berbasis Blended Learning . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2753–2761. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11400
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Nova Christina Dewi, Yuni Rhamayanti, Eni Sumanti Nasution
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).