Analisis Sarana Dan Prasarana Untuk Memaksimalkan Proses Belajar Mengajar di RA Perguruan Ubudiyah Terpadu Medan

Authors

  • Annisa Hadisti Rahayu Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Dini Rosmana Tanjung Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Khoilula Hanum Tanjung Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Septi Ayu Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Fauziah Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10952

Abstract

Anak adalah calon generasi penerus bangsa dan negara dimana anak haruslah kreatif serta memiliki potensi kemampuan intelektual. Dalam makalah ini akan dibahas lebih dalam mengenai dampak elemen interior di ruang belajar taman kanak-kanak, dimana pada usia tersebut anak-anak banyak menghabiskan waktunya di ruang belajar/kelas mereka. Ruang belajar taman kanak-kanak haruslah penuh keceriaan, tidak membuat anak tertekan, dan meningkatkan kreatifitas anak. Faktor-faktor yang berperan dalam menunjang perkembangan anak di taman kanak-kanak adalah kualitas guru, program kegiatan dan lingkungan fisik. Agar program kegiatan dapat berjalan dengan baik dan perkembangan anak optimal, maka perlu didukung oleh ruang kelas sebagai bagian dari lingkungan fisik, yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan anak. Adapun tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mengkaji dampak elemen interior baik yang positif maupun negatif untuk ruang belajar taman kanak-kanak yang dianalisis apa saja yang harus ditambahkan atau dikurangkan agar dapat membantu mencapai target kurikulum dari setiap sekolah. Tujuan khususnya adalah untuk menciptakan pendidikan yang memberikan rasa aman dan menyenangkan bagi anak usia 4-6 tahun, mengingat taman kanak-kanak merupakan salah satu bentuk awal pendidikan sekolah yang dikenal anak dan dianggap menjadi rumah keduanya. Dalam makalah ini penulis menganalisis elemenelemen interior dalam ruang belajar taman kanak-kanak, yaitu pada lantai, dinding, ceiling, dan furniture. Masalah yang ditemukan ialah kurangnya ruang bagi anak-anak untuk berimajinasi dan desain ruang belajar yang dihubungkan dengan kebutuhan anak atau murid. Dan saran dari penulis ialah ruang kelas taman belajar kanak-kanak yang baik adalah dengan meminimalisir barang-barang atau furniture yang ada dan yang kurang multifungsi. Agar ruangan tersebut memiliki bagian yang dapat memberikan peluang untuk anak-anak berimajinasi kreatif.

Downloads

Published

2023-01-03

How to Cite

Rahayu, A. H. ., Tanjung, D. R. ., Tanjung, K. H. ., Harahap, S. A. ., & Nasution, F. . (2023). Analisis Sarana Dan Prasarana Untuk Memaksimalkan Proses Belajar Mengajar di RA Perguruan Ubudiyah Terpadu Medan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 407–413. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10952

Most read articles by the same author(s)