Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Kelas VII di MTS Swasta A-Jihad Medan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14347Abstract
Kiprah guru bimbingan serta konseling sebagai pelaksana primer yg mengatur seluruh kegiatan bimbingan dan konseling dalam layanan konseling sekolah merupakan donasi yang bisa diberikan sang orang terlatih kepada orang lain yg tidak ditentukan umurnya sehingga dia dapat memenuhi aktivitasnya pada kehidupannya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan buat memperoleh gosip tentang peran guru guru dalam pelaksanaan layanan pedagogi di Mts partikelir Al-Jihad Medan. Faktor-faktor yg menghipnotis pelaksanaan layanan Bimbingan Belajar Mts swasta Al-Jihad Medan. Metode yang dipergunakan dalam metode penelitian kualitatif. Tujuan penelitian yang dilakukan melalui metode ini ialah buat memberi pengathuan kiprah pengajar bimbingan dan konseling dalam terlaksananya layanan BK di MTS swasta Al-Jihad Medan, serta subjek penelitian pada penelitian ini merupakan pengajar bimbingan serta konseling di Mts partikelir Al-Jihad Medan. Jihad Medan. Sampel penelitian ini artinya guru bimbingan serta konseling Mts swasta Al-Jihad Medan. Teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. hasil penelitian pengajar BK menyampaikan layanan bimbingan serta menerapkannya kepada semua peserta didik Mts swasta Al-Jihad Medan supaya semua siswa. materi ajar bahan ajar yaitu buat menaikkan aktivitas motivasi belajar peserta didik buat menaikkan motivasi, meningkatkan keterampilan belajar serta mengembangkan sikap belajar dan kebiasaan belajar. banyaknya siswa yg masih belum antusias pada menyampaikan bahan ajar ini serta faktor yang mempengaruhi pelaksanaan bimbingan pedagogi pada Mts partikelir Al-Jihad Medan yaitu faktor internal peserta didik dan tutor, faktor eksternal yaitu lingkungan, ruang serta dukungan dari pihak luar (orang) tua). akibat positif dari penerapan bimbingan Mts partikelir Al-Jihad Medan adalah siswa sebagai lebih aktif serta kreatif dalam pembelajaran dan mewujudkan tujuan pembelajaran. Saran supaya pelaksanaan pengajaran lebih lancar, pengajar mengajar serta mengajar hendaknya dapat menyebarkan diri peserta didik buat menaikkan kualitas layanan bimbingan konseling.Top of FormDownloads
Published
2023-04-30
How to Cite
Nitami, S. D. ., TP, W. S. ., Putri, Z. ., & Nasution, F. . (2023). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Kelas VII di MTS Swasta A-Jihad Medan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5319–5327. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14347
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Silvi Dwi Nitami, Wafiq Syafina TP, Zurriyati Putri, Fauziah Nasution
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).