Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Kelas VII di MTS Swasta A-Jihad Medan

Authors

  • Silvi Dwi Nitami Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Wafiq Syafina TP Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Zurriyati Putri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Fauziah Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14347

Abstract

Kiprah guru bimbingan serta konseling sebagai pelaksana primer yg mengatur seluruh kegiatan bimbingan dan konseling dalam layanan konseling sekolah merupakan donasi yang bisa diberikan sang orang terlatih kepada orang lain yg tidak ditentukan umurnya sehingga dia dapat memenuhi aktivitasnya pada kehidupannya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan buat memperoleh gosip tentang peran guru guru dalam pelaksanaan layanan pedagogi di Mts partikelir Al-Jihad Medan. Faktor-faktor yg menghipnotis pelaksanaan layanan Bimbingan Belajar Mts swasta Al-Jihad Medan. Metode yang dipergunakan dalam metode penelitian kualitatif. Tujuan penelitian yang dilakukan melalui metode ini ialah buat memberi pengathuan kiprah pengajar bimbingan dan konseling dalam terlaksananya layanan BK di MTS swasta Al-Jihad Medan, serta subjek penelitian pada penelitian ini merupakan pengajar bimbingan serta konseling di Mts partikelir Al-Jihad Medan. Jihad Medan. Sampel penelitian ini artinya guru bimbingan serta konseling Mts swasta Al-Jihad Medan. Teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. hasil penelitian pengajar BK menyampaikan layanan bimbingan serta menerapkannya kepada semua peserta didik Mts swasta Al-Jihad Medan supaya semua siswa. materi ajar bahan ajar yaitu buat menaikkan aktivitas motivasi belajar peserta didik buat menaikkan motivasi, meningkatkan keterampilan belajar serta mengembangkan sikap belajar dan kebiasaan belajar. banyaknya siswa yg masih belum antusias pada menyampaikan bahan ajar ini serta faktor yang mempengaruhi pelaksanaan bimbingan pedagogi pada Mts partikelir Al-Jihad Medan yaitu faktor internal peserta didik dan tutor, faktor eksternal yaitu lingkungan, ruang serta dukungan dari pihak luar (orang) tua). akibat positif dari penerapan bimbingan Mts partikelir Al-Jihad Medan adalah siswa sebagai lebih aktif serta kreatif dalam pembelajaran dan mewujudkan tujuan pembelajaran. Saran supaya pelaksanaan pengajaran lebih lancar, pengajar mengajar serta mengajar hendaknya dapat menyebarkan diri peserta didik buat menaikkan kualitas layanan bimbingan konseling.Top of Form

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Nitami, S. D. ., TP, W. S. ., Putri, Z. ., & Nasution, F. . (2023). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Kelas VII di MTS Swasta A-Jihad Medan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5319–5327. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14347

Most read articles by the same author(s)