Pengaruh Metode Pembelajaran Demonstrasi dan Eksperiment terhadap Hasil Belajar Fiqih Peserta Didik Kelas IV SDS IT Cendekia

Authors

  • Amiruddin Amiruddin Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Mutia Fathia Rahmah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Riska Aulia Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Sindi Antika Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Alya Rina Armalia Pane Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11520

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan  pengaruh metode demonstrasi dan metode eksperimen  terhadap hasil belajar Fiqh siswa kelas IV  di SDN IT Cendekia. Metode penelitian ini adalah kuantitatif. Data dikumpulkan melalui tes, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan  uji paired and independent sample t-test.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif metode demonstrasi terhadap hasil belajar Fiqih siswa dengan sig. 0,000 dan t hitung 6,924 pada paired sample t-test. (2) Terdapat pengaruh positif metode eksperimen terhadap hasil belajar Fiqih siswa dengan sig. 0,000 dan t hitung 6,335 pada paired sample t-test. (3) Tidak terdapat perbedaan pengaruh positif antara kelas metode demonstrasi dan eksperimen terhadap hasil belajar Fiqih siswa dengan sign. 0,615 pada independent sample t-test. Hal ini dapat terjadi karena metode demonstrasi dan eksperimen memiliki kelemahan dan kelebihan dalam menyampaikan materi Fiqih dan dalam materi listrik wudhu dan tayamum, kedua metode memiliki pengaruh hampir sama.

Downloads

Published

2023-01-13

How to Cite

Amiruddin, A., Rahmah, M. F. ., Aulia, R. ., Antika, S. ., & Pane, A. R. A. . (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Demonstrasi dan Eksperiment terhadap Hasil Belajar Fiqih Peserta Didik Kelas IV SDS IT Cendekia. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3301–3309. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11520

Most read articles by the same author(s)