Pengaruh Metode Pembelajaran Demonstrasi dan Eksperiment terhadap Hasil Belajar Fiqih Peserta Didik Kelas IV SDS IT Cendekia
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11520Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh metode demonstrasi dan metode eksperimen terhadap hasil belajar Fiqh siswa kelas IV di SDN IT Cendekia. Metode penelitian ini adalah kuantitatif. Data dikumpulkan melalui tes, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan uji paired and independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif metode demonstrasi terhadap hasil belajar Fiqih siswa dengan sig. 0,000 dan t hitung 6,924 pada paired sample t-test. (2) Terdapat pengaruh positif metode eksperimen terhadap hasil belajar Fiqih siswa dengan sig. 0,000 dan t hitung 6,335 pada paired sample t-test. (3) Tidak terdapat perbedaan pengaruh positif antara kelas metode demonstrasi dan eksperimen terhadap hasil belajar Fiqih siswa dengan sign. 0,615 pada independent sample t-test. Hal ini dapat terjadi karena metode demonstrasi dan eksperimen memiliki kelemahan dan kelebihan dalam menyampaikan materi Fiqih dan dalam materi listrik wudhu dan tayamum, kedua metode memiliki pengaruh hampir sama.Downloads
Published
2023-01-13
How to Cite
Amiruddin, A., Rahmah, M. F. ., Aulia, R. ., Antika, S. ., & Pane, A. R. A. . (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Demonstrasi dan Eksperiment terhadap Hasil Belajar Fiqih Peserta Didik Kelas IV SDS IT Cendekia. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3301–3309. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11520
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Amiruddin, Mutia Fathia Rahmah, Riska Aulia, Sindi Antika, Alya Rina Armalia Pane
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).