Karakteristik Mata Pelajaran IPS

Authors

  • Riska Aulia Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Rora Rizki Wandini Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13889

Abstract

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan dari SD/MI/SDLB sampai SMP/MTs/SMPLB. IPS mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Pada jenjang SMP/MTs mata pelajaran IPS memuat materi Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi. Melalui mata pelajaran IPS, peserta didik diarahkan untuk dapat menjadi warga negara Indonesia yang demokratis, dan bertanggung jawab serta warga dunia yang cinta damai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kajian pustaka atau studi literatur. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) seperti halnya IPA, Matematika, dan Bahasa Indonesia merupakan bidang studi. Dengan demikian, IPS sebagai bidang studi memiliki garapan yang dipelajari cukup luas. Bidang garapannya itu meliputi gejala- gejala dan masalah kehidupan manusia di masyarakat. Tekanan yang dipelajari IPS berkenaan dengan gejala dan masalah kehidupan masyarakat bukan pada teori dan keilmuannya, melainkan pada kenyataan kehidupan kemasyarakatan. IPS adalah bidang studi yang mempelajari, menelaah, menganalisis gejala dan masalah sosial di masyarakat dengan meninjau dari berbagai aspek kehidupan atau satu perpaduan.

Downloads

Published

2023-04-11

How to Cite

Aulia, R. ., & Wandini, R. R. . (2023). Karakteristik Mata Pelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4034–4040. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13889