Pengaruh Media Interaktif Animasi terhadap Pemahaman Siswa SD pada Pembelajaran IPA Materi Sistem Pencernaan Manusia

Authors

  • Amiruddin Amiruddin Universitas Al-Muslim Bireun Aceh
  • Afrilia Yus Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Eva Sriramayani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Indah Widya Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Nadia Salsabila Pasaribu Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Tiara Arfiandini Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5052

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media interaktif animasi terhadap pemahaman siswa SD pada pembelajaran IPA materi sistem pencernaan manusia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. objek penelitian ini adalah 20 siswa kelas V MIN 7 Aceh Tenggara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi siswa dan lembar angket pemahaman siswa. hasil peneletian menununjukkan bahwa dengan penggunaan medi interaaktif animasi pada materi IPA dapat diukur bahwa pemahaman siswa tentang materi sistem pencernaan manusia semakin meningkat lebih baik. Hal ini berdasarkan hasil angket yang diperoleh rata-rata presentase 78,69% dan presentase tingkat pemahaman siswa pada masing-masing kategori yaitu pada kategori sangat paham sebanyak 5 siswa dengan presentase 25%, kategori paham sebanyak 12 siswa dengan presentase 60%, kategori cukup paham sebanyak 3 siswa dengan presentase 15 %, kemudian kategori kurang paham dan tidak paham sebanyak 0 dengan presentase 0%.

Downloads

Published

2022-06-28

How to Cite

Amiruddin, A., Nasution, A. Y. ., Sriramayani, E. ., Widya, I. ., Pasaribu, N. S. ., & Arfiandini, T. . (2022). Pengaruh Media Interaktif Animasi terhadap Pemahaman Siswa SD pada Pembelajaran IPA Materi Sistem Pencernaan Manusia. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2220–2227. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5052

Most read articles by the same author(s)