Pengaruh Media Interaktif Animasi terhadap Pemahaman Siswa SD pada Pembelajaran IPA Materi Sistem Pencernaan Manusia
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5052Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media interaktif animasi terhadap pemahaman siswa SD pada pembelajaran IPA materi sistem pencernaan manusia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. objek penelitian ini adalah 20 siswa kelas V MIN 7 Aceh Tenggara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi siswa dan lembar angket pemahaman siswa. hasil peneletian menununjukkan bahwa dengan penggunaan medi interaaktif animasi pada materi IPA dapat diukur bahwa pemahaman siswa tentang materi sistem pencernaan manusia semakin meningkat lebih baik. Hal ini berdasarkan hasil angket yang diperoleh rata-rata presentase 78,69% dan presentase tingkat pemahaman siswa pada masing-masing kategori yaitu pada kategori sangat paham sebanyak 5 siswa dengan presentase 25%, kategori paham sebanyak 12 siswa dengan presentase 60%, kategori cukup paham sebanyak 3 siswa dengan presentase 15 %, kemudian kategori kurang paham dan tidak paham sebanyak 0 dengan presentase 0%.Downloads
Published
2022-06-28
How to Cite
Amiruddin, A., Nasution, A. Y. ., Sriramayani, E. ., Widya, I. ., Pasaribu, N. S. ., & Arfiandini, T. . (2022). Pengaruh Media Interaktif Animasi terhadap Pemahaman Siswa SD pada Pembelajaran IPA Materi Sistem Pencernaan Manusia. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2220–2227. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5052
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Amiruddin, Afrilia Yus Nasution, Eva Sriramayani, Indah Widya, Nadia Salsabila Pasaribu, Tiara Arfiandini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).