Nilai–Nilai Pendidikan Pancasila dalam Al–Qur’an dan Implementasinya dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan

Authors

  • Chalijah Adha Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Izzatunnisa Izzatunnisa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Amiruddin Amiruddin Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Yulita Mailida Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Tazkiya Aulia Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10065

Abstract

Penelitian ini disebut penelitian kepustakaan atau disebut library research yang dengan cara menggunakan metode analisis deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk memahami konsep pendidikan pancasila, serta untuk menghasilkan produk bahan ajar pancasila berbasis Al-Quran pada pendidikan pancasila dalam tinjauan Al Qur’an. Hasil penelitian menunjukan pancasila dengan Alquran pada sila pertama ketuhanan Yang Maha Esa dapat ditemukan nilainya dalam surat al- Ikhlas ayat 1-4. Sila kedua kemanusiaan yang adil dan beradab dapat ditemukan nilainya dalam surat al – maa’idah ayat 8. Sila ketiga persatuan Indonesia dapat ditemukan nilainya dalam surat Ali Imran ayat 103 dan 105. Sila keempat kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan dapat ditemukan nilainya dalam surat Asy – Syuura ayat 38 dan Ali – Imran ayat 159. Dan sila kelima keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia dapat ditemukan nilainya dalam surat An – Nahl ayat 90. Penelitian ini juga menganalisis bagaimana Pancasila diimplementasikan melalui pendidikan kewarganegaraan di Indonesia. Menyikapi fenomena tersebut, dilakukan penelitian untuk mengetahui nilai pendidikan pancasila dalam Al-Quran serta implementasinya dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan.

Downloads

Published

2022-12-11

How to Cite

Adha, C. ., Izzatunnisa, I., Amiruddin, A., Mailida, Y. ., & Aulia, T. . (2022). Nilai–Nilai Pendidikan Pancasila dalam Al–Qur’an dan Implementasinya dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 10509–10515. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10065

Most read articles by the same author(s)