Nilai–Nilai Pendidikan Pancasila dalam Al–Qur’an dan Implementasinya dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10065Abstract
Penelitian ini disebut penelitian kepustakaan atau disebut library research yang dengan cara menggunakan metode analisis deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk memahami konsep pendidikan pancasila, serta untuk menghasilkan produk bahan ajar pancasila berbasis Al-Quran pada pendidikan pancasila dalam tinjauan Al Qur’an. Hasil penelitian menunjukan pancasila dengan Alquran pada sila pertama ketuhanan Yang Maha Esa dapat ditemukan nilainya dalam surat al- Ikhlas ayat 1-4. Sila kedua kemanusiaan yang adil dan beradab dapat ditemukan nilainya dalam surat al – maa’idah ayat 8. Sila ketiga persatuan Indonesia dapat ditemukan nilainya dalam surat Ali Imran ayat 103 dan 105. Sila keempat kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan dapat ditemukan nilainya dalam surat Asy – Syuura ayat 38 dan Ali – Imran ayat 159. Dan sila kelima keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia dapat ditemukan nilainya dalam surat An – Nahl ayat 90. Penelitian ini juga menganalisis bagaimana Pancasila diimplementasikan melalui pendidikan kewarganegaraan di Indonesia. Menyikapi fenomena tersebut, dilakukan penelitian untuk mengetahui nilai pendidikan pancasila dalam Al-Quran serta implementasinya dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan.Downloads
Published
2022-12-11
How to Cite
Adha, C. ., Izzatunnisa, I., Amiruddin, A., Mailida, Y. ., & Aulia, T. . (2022). Nilai–Nilai Pendidikan Pancasila dalam Al–Qur’an dan Implementasinya dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 10509–10515. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10065
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Chalijah Adha, Izzatunnisa, Amiruddin, Yulita Mailida, Tazkiya Aulia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).