Perbandingan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka

Authors

  • Amiruddin Amiruddin Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Rusnita Simanjuntak Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Heddy Petra Meliala Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Nuraini Tarigan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Aswinta Ketaren Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11934

Abstract

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan tertentu ini meliputi tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik. Oleh sebab itu kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah.  . Penyusunan perangkat mata pelajaran ini disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan setiap jenjang pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan tersebut serta kebutuhan lapangan kerja. Lama waktu dalam satu kurikulum biasanya disesuaikan dengan maksud dan tujuan dari sistem pendidikan yang dilaksanakan. Kurikulum ini dimaksudkan untuk dapat mengarahkan pendidikan menuju arah dan tujuan yang dimaksudkan dalam kegiatan pembelajaran secara menyeluruh. Kurikulum menjadi pedoman bagi seorang tenaga pendidik untuk memberikan materi dan ilmu yang baik terhadap peserta didik, kurikulum juga mempunyai perkembangan dan itulah kenapa pentingnya peran kurikulum harus di pahami.

Downloads

Published

2023-01-27

How to Cite

Amiruddin, A., Simanjuntak, R. ., Meliala, H. P. ., Tarigan, N. ., & Ketaren, A. . (2023). Perbandingan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5487–5492. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11934

Most read articles by the same author(s)