PENDAMPINGAN BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME ANDROID

Authors

  • Shofia Hidayah Universitas Nurul Jadid Paiton probolinggo
  • Aisatus Sumarwiyah Universitas Nurul Jadid
  • Helmi Abdurrohim Universitas Nurul Jadid
  • Filda Wardatul Hasanah Universitas Nurul Jadid
  • Zainul Hasan Universitas Nurul Jadid

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4759

Keywords:

Pendampingan Belajar, Matematika, Media, Game Android, Minat Belajar

Abstract

Sebagian besar siswa menganggap matematika sebagai mata pelajaran yang sulit untuk dipahami, kurang menyenangkan, dan amat membosankan. Banyak siswa yang menilai matematika sebagai mata pelajaran yang membosankan karena keseluruhan pembahasan dalam matematika terkait angka dan rumus. Anggapan ini terjadi pada semua jenjang pendidikan, baik di Sekolah Dasar, Menengah, bahkan Perguruan Tinggi. Tujuan pengabdian ini adalah untuk mendeskripsikan inisiatif yang dapat dilakukan untuk meningkatkan minat siswa dalam belajar matematika. Solusi yang ditawarkan pada pengabdian ini adalah pendampingan belajar matematika menggunakan media pembelajaran matematika berbasis game android. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah observasi, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Berdasarkan hasil kegiatan pengabdian ini diperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan pendampingan belajar menggunakan media pembelajaran matematika berbasis game android  dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar matematika. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan persentase banyaknya siswa yang mencapai nilai di atas KKM setelah dilakukan pendampingan. Sebelum dilakukan pendampingan, hasil pretest menunjukkan bahwa persentase banyaknya siswa yang mempunyai nilai di atas KKM hanya 20%. Setelah dilakukan pendampingan, hasil posttest menunjukkan bahwa persentase banyaknya siswa yang mempunyai nilai di atas KKM mencapai 85%. Manfaat dari pengabdian ini yaitu dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar matematika sehingga siswa tidak lagi memandang matematika sebagai mata pelajaran yang sulit dan membosankan.

References

Ambarawati, M. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menentukan Faktor Perkalian, Koefisien, Konstanta, Suku dan Suku Sejenis. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika , 1(2), 1-7

Anggoro, B.S. (2015). Pengembangan Modul Matematika dengan Strategi Problrm Solving untuk Mengukur Tingkat Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 121-130

Faot, I.Y. (2021). Teachers’ Creativity in Designing Teaching Aids to Improve Students’ Learning Outcomes at Grade IV SD INPRES TOBU. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 330-338

Fitriasari, P. (2017). Pemanfaat Software Geogebra dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 3(1), 57-69.

Firmadani, F., Shalima, I., & Firdaus, M.M.A. (2017). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif dengan Ispring Presenter bagi Guru MI Al Islam Balesari Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang. Conference on Language and Language Teaching, 170-177

Jannah, H.I., Sari, K.C., Oktaviani, R., Masruroh, M., & Darmadi. (2021). Analisis Kesulitan dalam pembelajaran Matematika Berbasis Daring pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 3(2), 85-90

Jannah, M. (2021). Pengaruh Penerapan Metode Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Bangun ruang Siswa Kelas XI SMK. Arus Jurnal Pendidikan (AJUP), 1(3), 77-84

Kanduli, P.P., Prayitno, A., & Khasanah, F. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Aljabar. LIKHITAPRAJNA: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Wisnuwadhana Malang, 20(1), 1-12

Kariman, T.M., & Mulia, E. (2013). Pemanfaatan Weblog sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi pendidikan (JTP), 5(1), 69-82.

Leonard & Supardi. (2010). Pengaruh Konsep Diri, Sikap Siswa pada Matematika dan Kecemasan Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika. Cakrawala Pendidikan, 29(3), 341-352.

Lestari, S.E.C.A., Haryani, S., & Rahayu, N. (2018). Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (teams Games Tournament) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Pi: Mathematics Education Journal, 1(3), 116-126.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syariah, dan Tarbiyah, 3(1), 171-187

Saparwadi, L. (2016). Efektifitas Metode Pembelajaran Drill dengan Pendekatan Peer Teaching Ditinjau dari Minat dan prestasi Belajar Siswa. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 39-46

Sari, D.P., Isnurani, Ditama, R., & Rahmat, U. (2020). Memahami Matematika dengan Mudah dan Menyenangkan di SMAN 6 Tangerang Selatan. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat-Aphelion, 1(1), 137-143.

Wulansari, A., Wulanjani, A.N., Arivianti, g. F. Anggraini, C.W., & Ratnaningsih, E. (2021). Pendampingan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Gamifikasi di Masa Pandemi COVID-19. JURNAL ABDIMAS BSI: Jurnal pengabdian kepada Masyarakat, 4(2), 328-334.

Yuniawatika, Y. (2018). Kemampuan Koneksi Matematik Mahasiswa PGSD Ditinjau dari Perbedaan Gender. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 3(2), 148-156

Yuniawatika, Y., Putri, A.R., Rhespati, D.A., Aruni, S., & Pratisia, T. (2021). Pengembangan Modul matematika Dilengkapi dengan Games sebagai Sarana Pembelajaran Siswa SD pada Masa Pandemi di Desa Jambesari. Jurnal PKM: Pengabdian kepada Masyarakat, 4(4), 384-393.

Downloads

Published

2022-06-18

How to Cite

Hidayah, S., Sumarwiyah, A. ., Abdurrohim, H. ., Hasanah, F. W. ., & Hasan, Z. . (2022). PENDAMPINGAN BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME ANDROID. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 812–818. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4759