PENYUSUNAN DAN PEMBERIAN MEDIA PEMBELAJARAN LISTRIK DAN SATUAN PANJANG DI SD NEGERI NO.106457 KP. JUHAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.27048Keywords:
Media pembelajaran;Rangkaian Listrik Paralel Seri; Cangkir Satuan PanjangAbstract
Media pembelajaran berperan sebagai salah satu sumber belajar bagi siswa. Artinya melalui media pembelajaran siswa dapat memperoleh pesan dan informasi sehingga membentuk pengetahuan baru pada siswa. Media pembelajaran meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi dalam proses pembelajaran. Hasil observasi yang dilakukan pada siswa SD Negeri 106457 Kecamatan Bandar Khalipah Kabupaten Serdang Bedagai, ditemukan bahwa pembelajaran yang masih dominan berpusat pada guru (Teacher Learning Centered) seperti metode ceramah, membaca buku teks ,dan mencatat. Hal ini membuat siswa kehilangan motivasi belajar dan kurang berpartisipasi selama pembelajaran. Upaya mengatasi hal tersebut dengan melakukan pengabdian kepada masyarakat (PKM) melalui penyusunan dan pembuatan media pembelajaran. Media yang dibuat mencakup rangkaian listrik paralel-seri dan cangkir satuan panjang. Kedua media tersebut dipilih berdasarkan hasil wawancara dengan guru sekolah tersebut. Guru-guru di sekolah itu menyatakan bahwa materi rangkaian listrik dan satuan panjang sulit dipaham.Tujuan PKM ini adalah : 1) Sosialisasi penggunaan media pembelajaran; 2) Pendampingan penggunaan media pembelajaran bagi guru. Metode pelaksanaan kegiatan menggunakan metode pembelajaran pengalaman dengan tahapan sebagai berikut : 1)Persiapan 2) Penyusunan dan pemberian media pembelajaran 3) Pelaksanaan pelatihan dan pendampingan penggunaan media, dan 4) Evaluasi pelaksanaan. Hasil dari kegiatan menunjukan bahwa: 1) Peningkatan pengetahuan guru mengenai penggunaan media pembelajaran sebesar 95%, 2) Peningkatan keterampilan guru menyiapkan media pembelajaran sebesar 95%.Tanggapan peserta kegiatan menunjukkan bahwa sebesar 67% memberikan respon sangat baik sedangkan sisanya 33% memberikan respon baik terhadap kegiatan PKM.References
Abdullah, R. (2017). Pembelajaran dalam Perspektif Kreativitas Guru dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35-49.
Aryadillah, dan Fifit Fitriansyah. (2017). Teknologi Media Pembelajran: Teori dan Praktik. Percetakan Herya Media.
Djamaluddin., A.S.S.(2019). Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis . Jakarta: CV. Kaafah Learning Center.
Daryanto. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani.
Hasan, M. E. (2021). Media Pembelajaran. Klaten: CV Tahta Media Group.
Jannah, M. H. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Berbasis Multiple Intelligences”. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan UNY, 7(2), 124064.
Lubis, M. A. (2020). Pembelajaran Tematik SD/MI. Jakarta: KENCANA.
Majid, A. (2017). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Rosadakarya.
Masyithoh, A. (2014). Pengembangan media papan pengukuran satuan panjang dan satuan massa untuk meningkatkan hasil belajar matematika (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Miftah, M. (2013). “Fungsi dan peran Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan
Kemampuan Belajar Siswa Kwangsan” : Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 95-105.
Mubarak, A. K. (2020). Pengaruh Media Visual Diam Miniatur Terhadap Kreativitas Dalam Pembelajaran Sejarah Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Samudra Mentaya Hilir Selatan (Skripsi). Banjarmasin: FKIP, Lambung Mangkubat.
Munisah, E. (2020). Artikel Pengelolaan Media Pembelajaran Sekolah Dasar. Edukasi Lingua Sastra, 18(1), 23-32.
Rachman, M. A., Rahmawati, A., Jeni, S. S., & Rahayu, R. (2023). “Pengaruh Media Pembelajaran untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Satuan Panjang di SDN Lemahduhur II” .Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka, 5(1), 32-41
Sungkar, M. S., Kadir, D., Palayukan, H., Megavitry, R., & Punggeti, R. N. (2023). “Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi bagi Guru”. CommunityDevelopment Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 2856-2861
Yanto, D. T. P. (2019). “Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik”. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 19(1), 75-82
Yuliyanti, E. Perancangan Media Pembelajaran Sebagai Alat Bantu Pengajaran Pelajaran IPA Kelas III Pada Sdn Sidomulyo 04 Mengenai Ciri-ciri Makhluk Hidup (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Elektronika dan Komputer: Semarang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dalimawaty Kadir
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.