PENYUSUNAN DAN PEMBERIAN MEDIA PEMBELAJARAN LISTRIK DAN SATUAN PANJANG DI SD NEGERI NO.106457 KP. JUHAR

Authors

  • Dalimawaty Kadir Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan
  • Novika Apri Yunanda Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan
  • Tarisah Sandrina Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan
  • Nur Jannah Pohan Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan
  • Try Ayunda Tasya Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan
  • Nahdha Ummi Siregar Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan
  • Alinsyah Kinanti Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan
  • Alya Fahira Berutu Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.27048

Keywords:

Media pembelajaran;Rangkaian Listrik Paralel Seri; Cangkir Satuan Panjang

Abstract

Media pembelajaran berperan sebagai salah satu sumber belajar bagi siswa. Artinya melalui media pembelajaran siswa dapat memperoleh pesan dan informasi sehingga membentuk pengetahuan baru pada siswa. Media pembelajaran meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi dalam proses pembelajaran. Hasil observasi yang dilakukan pada siswa SD Negeri 106457 Kecamatan Bandar Khalipah Kabupaten Serdang Bedagai, ditemukan bahwa pembelajaran yang masih dominan berpusat pada guru (Teacher Learning Centered) seperti metode ceramah, membaca buku teks ,dan mencatat.  Hal ini membuat siswa kehilangan motivasi belajar dan kurang berpartisipasi selama pembelajaran. Upaya mengatasi hal tersebut dengan melakukan pengabdian kepada masyarakat (PKM) melalui penyusunan dan pembuatan media pembelajaran. Media yang dibuat mencakup rangkaian listrik paralel-seri dan cangkir satuan panjang. Kedua media tersebut dipilih berdasarkan hasil wawancara dengan guru sekolah tersebut. Guru-guru di sekolah itu menyatakan bahwa materi rangkaian listrik dan satuan panjang sulit dipaham.Tujuan PKM ini adalah : 1) Sosialisasi penggunaan media pembelajaran; 2) Pendampingan penggunaan media pembelajaran bagi guru. Metode pelaksanaan kegiatan menggunakan metode pembelajaran pengalaman dengan tahapan sebagai berikut : 1)Persiapan 2) Penyusunan dan pemberian   media  pembelajaran 3) Pelaksanaan  pelatihan  dan  pendampingan  penggunaan media, dan 4) Evaluasi pelaksanaan. Hasil dari kegiatan menunjukan bahwa: 1) Peningkatan  pengetahuan  guru  mengenai  penggunaan    media pembelajaran sebesar 95%, 2) Peningkatan keterampilan guru menyiapkan media pembelajaran sebesar 95%.Tanggapan peserta kegiatan menunjukkan bahwa sebesar 67%  memberikan respon sangat baik sedangkan sisanya 33% memberikan respon baik terhadap kegiatan PKM.

References

Abdullah, R. (2017). Pembelajaran dalam Perspektif Kreativitas Guru dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35-49.

Aryadillah, dan Fifit Fitriansyah. (2017). Teknologi Media Pembelajran: Teori dan Praktik. Percetakan Herya Media.

Djamaluddin., A.S.S.(2019). Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis . Jakarta: CV. Kaafah Learning Center.

Daryanto. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani.

Hasan, M. E. (2021). Media Pembelajaran. Klaten: CV Tahta Media Group.

Jannah, M. H. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Berbasis Multiple Intelligences”. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan UNY, 7(2), 124064.

Lubis, M. A. (2020). Pembelajaran Tematik SD/MI. Jakarta: KENCANA.

Majid, A. (2017). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Rosadakarya.

Masyithoh, A. (2014). Pengembangan media papan pengukuran satuan panjang dan satuan massa untuk meningkatkan hasil belajar matematika (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Miftah, M. (2013). “Fungsi dan peran Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan

Kemampuan Belajar Siswa Kwangsan” : Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 95-105.

Mubarak, A. K. (2020). Pengaruh Media Visual Diam Miniatur Terhadap Kreativitas Dalam Pembelajaran Sejarah Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Samudra Mentaya Hilir Selatan (Skripsi). Banjarmasin: FKIP, Lambung Mangkubat.

Munisah, E. (2020). Artikel Pengelolaan Media Pembelajaran Sekolah Dasar. Edukasi Lingua Sastra, 18(1), 23-32.

Rachman, M. A., Rahmawati, A., Jeni, S. S., & Rahayu, R. (2023). “Pengaruh Media Pembelajaran untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Satuan Panjang di SDN Lemahduhur II” .Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka, 5(1), 32-41

Sungkar, M. S., Kadir, D., Palayukan, H., Megavitry, R., & Punggeti, R. N. (2023). “Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi bagi Guru”. CommunityDevelopment Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 2856-2861

Yanto, D. T. P. (2019). “Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik”. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 19(1), 75-82

Yuliyanti, E. Perancangan Media Pembelajaran Sebagai Alat Bantu Pengajaran Pelajaran IPA Kelas III Pada Sdn Sidomulyo 04 Mengenai Ciri-ciri Makhluk Hidup (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Elektronika dan Komputer: Semarang.

Downloads

Published

2024-03-28

How to Cite

Kadir, D. ., Yunanda, N. A. ., Sandrina , T. ., Pohan, N. J. ., Tasya, T. A. ., Siregar, N. U. ., Kinanti, A. ., & Berutu, A. F. . (2024). PENYUSUNAN DAN PEMBERIAN MEDIA PEMBELAJARAN LISTRIK DAN SATUAN PANJANG DI SD NEGERI NO.106457 KP. JUHAR . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 3347–3351. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.27048