PENCEGAHAN ADIKSI PENGGUNAAN GADGET PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Alexander Indrakusuma Linggi Universitas Atma Jaya Makassar
  • Heni Gerda Pesau Universitas Atma Jaya Makassar
  • Diah Sastaviana Universitas Atma Jaya Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18312

Keywords:

Adiksi, Kecanduan, Gadget, Siswa, Sekolah Dasar

Abstract

Efek negatif pengguanaan teknologi khususnya gadget telah lama terjadi pada berbagai pihak salah satunya siswa sekolah dasar. Seperti yang kita ketahui, siswa sekolah dasar saat ini dapat dengan mudah, leluasa serta tanpa kontrol menggunakan gadget pribadi maupun gadget milik orang tua mereka. Kegiatan ini sering tanpa pengawasan yang memadai dan membuat mereka sangat rentan untuk menggunakan gadget secara berlebihan sehingga dapat mengarahkan mereka pada kecanduan gadget. Tujuan pengabdian ini adalah melakukan intervensi untuk mencegah adiksi penggunaan gadget pada siswa sekolah dasar. Pelaksanaannya menggunakan pendekatan manajemen diri dan penataan aktivitas harian bagi para siswa. Sasaran kegiatan ini adalah siswa Sekolah Dasar Frater Bakti Luhur Makassar di kelas 5A. Sejumlah 37 siswa/peserta mengikuti kegiatan ini. Kesimpulan dari kegiatan ini yaitu pada akhir sesi terlihat bahwa ada perubahan pada level kognitif siswa. Perubahan yang terjadi pada tahapan perencanaan perilaku yang baru dan didukung oleh pembuatan komitmen dalam kontrak perilaku untuk membatasi diri dalam menggunakan gadget.

References

Abdul, H (2015) Training Intervention and Strategies for Positive Learning Transfer. Journal of Resources Development and Management. http://www.iiste.org

Agung, I., Widiputera, F., & Widodo, W. (2019). The Effect of The use of Gadget on Psychosocial, Socio- Emotional, Self-Reliance, Responsibility, and Students Learning Results in Elementary School. Education Quarterly Reviews, 2. https://doi.org/10.31014/aior.1993.02.02.60

Alwi, NM, Pandanf A, Syahril MF (2020) Penerapan Teknik Self Management Untuk Mereduksi Kecanduan Gadget Dalam Jejaring Sosial Pada Siswa. Jurnal Konseling Andi Matappa. DOI: http://dx.doi.org/10.31100/jurkam.v4i2.725

Anggriani, Y (2020) Pemanfaatan Gadget Dalam Meningkatkan Minat Baca Anak Di Keluarga. Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga – Vol. 10 No. 2 Juli - Desember 2020: 138-147

Chasanah, A. M., & Kilis, G. (2018). Adolescents’ Gadget Addiction and Family Functioning. Proceedings of the Universitas Indonesia International Psychology Symposium for Undergraduate Research (UIPSUR 2017). https://doi.org/10.2991/uipsur-17.2018.52

CNN.Com. (2021, October 2). Survei: 19,3 Persen Anak Indonesia Kecanduan Internet. Gaya Hidup; https://www.facebook.com/CNNIndonesia. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20211002135419-255-702502/survei-193-persen-anak-indonesia-kecanduan-internet

Fitria, I (2019) Hubungan Antara Intensitas Penggunaan Gadget Dengan Prestasi Belajar Siswa MAN 1 Bengkalis, Skripsi. Fakultas psikologi UIN Suska Riau.

Istiqomah,W (2019) Hubungan Intensitas Penggunaan Gadget dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPS Kelas V SD Negeri Gugus Drupadi Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang.

Latipah, E. (2017). Pengaruh Strategi Experiential Learning Terhadap Self Regulated Learning Mahasiswa. HUMANITAS, 1, 41. https://doi.org/10.26555/humanitas.v14i1.4547

Mathis, R. L., & Jackson, J. H. (2010). Human Resource Management, Thirteen Edition. Mason: South Western Cengage Learning.

Novita Maulidya Jalal, Rahmawati Syam, St.Hadjar Nurul Istiqamah, Irdianti, I., & Muhrajan Piara. (2022). Psikoedukasi Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2, 420–426. https://doi.org/10.54259/pakmas.v2i2.1311

Nurul Fitriani, Adhim Vayla Rahmadio Mijaya, Ad’ha Ramadhani, Iqlimatul Inayah Ya’kub, Muhrajan Piara, & Irdianti, I. (2023). Intervensi Psikoedukasi Kecanduan Gadget Pada Murid Sit Al-Fathanah. Joong-Ki?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3, 662–668. https://doi.org/10.56799/joongki.v2i3.2086

Rachmawati. (2019, December 19). 5 Kasus Kecanduan Game Online, Bolos Sekolah 4 Bulan hingga Bunuh Sopir Taksi untuk Dapat Uang Halaman all - Kompas.com. KOMPAS.Com; Kompas.com. https://regional.kompas.com/read/2019/12/20/06360071/5-kasus-kecanduan-game-online-bolos-sekolah-4-bulan-hingga-bunuh-sopir-taksi?page=all

Supratiknya, A (2011) Merancang Program dan Modul Psikoedukasi. Yogyakarta : Penerbit Universitas Sanata Dharma.

Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4, 538. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22310

Downloads

Published

2023-09-08

How to Cite

Linggi, A. I., Pesau, H. G., & Sastaviana, D. (2023). PENCEGAHAN ADIKSI PENGGUNAAN GADGET PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7080–7084. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18312

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.