UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MELALUI PEMANFAATAN APLIKASI GOOGLE FORM DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Susilo Tri Widodo Universitas Negeri Semarang
  • Isa Ansori Universitas Negeri Semarang
  • Ha. Zaenal Abidin Universitas Negeri Semarang
  • Sigit Yulianto Universitas Negeri Semarang
  • Suhardi Suhardi Universitas Negeri Semarang
  • Noto Suharto Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v2i2.1098

Keywords:

Pelatihan, Media Pembelajaran, Google Form

Abstract

Kegiatan pengabdian dilakukan bertujuan untuk meningkatkan soft skill guru dalam mengembangakan kompetensi memanfaatkan google form untuk media pembelajaran. Guru diberikan keahlian secara terbimbing dalam merancang media google form. Lokasi kegiatan pengabdian ini yaitu di SD Negeri Bringin 01, lama kegiatan ini direncanakan selama enam bulan. Hasil dari kegiatan pengabdian antara lain : penyampaian materi dari tim pengabdi terkait penggunaan aplikasi google form sebagai salah satu media pembelajaran. Para peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. Luaran dari kegiatan pengabdian ini berupa produk google form yang dihasilkan oleh peserta (guru SD). Luaran dari pengabdian ini berupa sampel desain porduk google form yang dikembangkan dan dihasilkan oleh peserta (guru SD), dan laporan pengabdian yang tidak dipublikasikan. Ada beberapa kendala yang dihadapi tim pengabdi yaitu penguasaan kemampuan komputer para guru yang belum merata sehingga hanya beberapa peserta tertentu yang mampu menyelesaikan produk media. Pengabdian ini mendapat respon yang positif dari para guru dan mereka sangat senang mendapatkan tambahan ilmu dalam mengembangkan media dan peningkatan kompetensi yang dimiliki.

Author Biographies

Susilo Tri Widodo, Universitas Negeri Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang

Isa Ansori, Universitas Negeri Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang

Ha. Zaenal Abidin, Universitas Negeri Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang

Sigit Yulianto, Universitas Negeri Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang

Suhardi Suhardi, Universitas Negeri Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang

Noto Suharto, Universitas Negeri Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang

References

Clark, John dan Ken Guy. 1997. “Innovation and Competitivenessâ€. Technopolis. July 1997

Etherington, Darrell. 2014 "Google Debuts Classroom, An Education Platform For Teacher-Student Communication". TechCrunch. Diakses tanggal 2 Maret 2020

Eveline Siregar dan Hartini Nara. 2014. “Teori Belajar dan Pembelajaranâ€. Bogor : Ghalia Indonesia

Joni, TR. 2015. “Strategi Belajar Mengajarâ€. Jakarta. Kemendikbud

Magid, Larry. 2014 "Google Classroom Offers Assignment Center for Students and Teachers". Forbes. Diakses tanggal 2 Maret 2020.

Martinis Yamin. 2008. “Paradigma Pendidikan Konstruktivistikâ€. Jakarta : Gaung Persada Press.

Mel Silberman. 2002. “Active learning : 101 Strategi Pembelajaran Aktifâ€. Yogyakarta : Yappendis.

Perez, Sarah. 2015. "Google Expands Its Educational Platform "Classroom" With A New API, Share Button For Websites". TechCrunch. AOL Inc. Diakses tanggal 2 Maret 2020

Sri Anitah. 2014. “Teknologi Pembelajaranâ€. Surakarta : Learning Resources Center FKIP UNS

Sri Anitah. 2015. “Strategi Pembelajaran di SDâ€. Jakarta : UT Press

Sudiarto. 2010. “Strategi Pembelajaranâ€. Jakarta : Dikti

Wina Sanjaya. 2010. “Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaranâ€. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Downloads

Published

2021-06-25

How to Cite

Widodo, S. T., Ansori, I., Abidin, H. Z., Yulianto, S., Suhardi, S., & Suharto, N. (2021). UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MELALUI PEMANFAATAN APLIKASI GOOGLE FORM DI SEKOLAH DASAR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 395–400. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i2.1098