PENDAMPINGAN BELAJAR PADA PROGRAM MERDEKA BELAJAR DENGAN METODE PARTICIPATORY APPROACH UNTUK MEMBANGUN SEMANGAT SISWA SEKOLAH DASAR DAN TK DI DESA KOTAGANA KECAMATAN MAUPONGGO KABUPATEN NAGEKEO

Authors

  • Yulius Sumarlan 18Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Citra Bakti (STKIP)
  • Fransiska Liku Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Citra Bakti (STKIP)
  • Kristina Tona Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Citra Bakti (STKIP)
  • Magdalena Boa Ari Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Citra Bakti (STKIP)
  • Yohans Fransiskus Mite Ngole Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Citra Bakti (STKIP)
  • Karmelita Roswinda Meo Maku Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Citra Bakti (STKIP)
  • Tekla Rikarda Lengi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Citra Bakti (STKIP)
  • Maria Oktaviana Rau Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Citra Bakti (STKIP)
  • Yunita Paulina Ngguwa Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Citra Bakti (STKIP)
  • Theresia Ia Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Citra Bakti (STKIP)
  • Prudensia Ngao Roja Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Citra Bakti (STKIP)
  • Magdalena Doza Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Citra Bakti (STKIP)
  • Dimas Qondias Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Citra Bakti (STKIP)
  • Dionisius Toy Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Citra Bakti (STKIP)
  • Wilibaldus Bhoke Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Citra Bakti (STKIP)
  • Kristina Eno Loda Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Citra Bakti (STKIP)
  • Agustina Hermenti Wunu Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Citra Bakti (STKIP)
  • Pelipus Wungo Kaka Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Citra Bakti (STKIP)

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i1.12615

Keywords:

Pendidikan, Merdeka Belajar, Pendampingan Belajar,

Abstract

Desa Kotagana merupakan sebuah desa yang ada di Kecamatan Mauponggo, Kabupaten Nagekeo, Provinsi Nusa Tenggara Timur Indonesia. Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan mulai 5 Desember 2022 sampai 5 Januari 2023, Berdasarkan data yang diperoleh Desa Kotagana memiliki kondisi, potensi, dan permasalahan yang berbeda-beda seperti adanya permasalahan yang dirasakan siswa SD dan TK setelah dampak Covid-19, sehingga  siswa-siswi kembali melakukan proses belajar mengajar di sekolah secara aktif dan juga mendapat pendampingan belajar khusus di rumah dari mahasiswa KKN STKIP Citra Bakti. Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan sebagai program pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan sebagai salah satu perwujudan tridharma perguruan tinggi. KKN adalah media yang digunakan untuk mentransfer IPTEKS yang dikaji dan dikembangkan di Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti. Berdasarkan hal tersebut mahasiswa KKN STKIP Citra Bakti Ngada yang tidak terlepas dari fungsinya sebagai mahasiswa pendidikan, diharapkan mampu menyalurkan ilmu atau pengetahuan yang diperoleh dari bangku perkuliahan kepada orang lain. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam artikel ini ialah pendekatan partisipatif (Participatory Approach), untuk memberikan gambaran tentang kegiatan pendampingan belajar dalam meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar dari tingkat TK sampai SD di Desa Kotagana Kecamatan Mauponggo Kabupaten Nagekeo. Sehingga artikel ini bertujuan untuk memahami fenomena pendampingan belajar pada program Merdeka Belajar yang terjadi secara holistic (utuh) berkaitan dengan membangun semangat belajar siswa sekolah dasar dengan cara deskripsi analisis secara induktif dalam bentuk kata-kata dan bahasa.

References

Aya, Selviana Indah. 2020. “Mengenal Covid-19”.Diakses dari laman https://vivahealth.co.id/article/detail/13439/mengenal-covid-19 pada 2 Mei 2020 Hal. 17

Buku Panduan KKN Tahun 2021

Lestari,Indah Puji dkk. 2021. ‘’ Pendampingan Siswa Pada Program Belajar dari Rumah untuk Membangun Semangat Siswa Sekolah Dasar di Desa Pekalongan Kecamatan Winong Kabupaten Pati. Dalam Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah vol. 2.No. 1. 2021. Semarang. 12-17

Laporan KKN Tahun 2021

https://www.masterplandesa.com/penataan-desa/mengembangkan-potensi-desa-melalui-pemberdayaan-masyarakat-di-desa-mekarjaya-kabupaten-bogor/ diupload pada tanggal 12 Januari 2023

https://bobo.grid.id/read/083606157/bagaimana-karakteristik-wilayah-dan-sosial-masyarakat-pendesaan?page=all diupload pada tanggal 12 Januari 2023

Putria, Hilna dkk. 2020. “Analisis Proses Pembelajran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar”. Dalam Jurnal Basicedu vol. 4. No. 4. 2020.

Kurniasari, Asrilia dkk. 2020. “Analisis Efektifitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) Selama Pandemi Covid-19”. Dalam Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian vol. 6. No. 3. 2020. Surabaya.

Putria, Hilna dkk. 2020. “Analisis Proses Pembelajran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar”. Dalam Jurnal Basicedu vol. 4. No. 4. 2020. Sukabumi.

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak di Terapkannya Social Distancing. METALINGUA:Jurnal Pendidkan Bahasa dan Sastra Indonesia, 31-34.Sukabumi.

Downloads

Published

2023-02-28 — Updated on 2023-03-03

Versions

How to Cite

Sumarlan, Y. ., Liku, F. ., Tona, K. ., Ari, M. B. ., Ngole, Y. F. M., Maku, K. R. M. ., … Kaka, P. W. . (2023). PENDAMPINGAN BELAJAR PADA PROGRAM MERDEKA BELAJAR DENGAN METODE PARTICIPATORY APPROACH UNTUK MEMBANGUN SEMANGAT SISWA SEKOLAH DASAR DAN TK DI DESA KOTAGANA KECAMATAN MAUPONGGO KABUPATEN NAGEKEO. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 865–869. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i1.12615 (Original work published February 28, 2023)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.