PENINGKATAN KEMAMPUAN DASAR KEWIRAUSAHAAN SISWA DI SEKOLAH INDONESIA JEDDAH, ARAB SAUDI
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.23879Keywords:
Peningkatan Kewirausahaan, Siswa, Sekolah Indonesia JeddahAbstract
Sekolah Indonesia Jeddah merupakan Sekolah Indonesia Luar Negeri yang berada di Arab Saudi. Sekolah Indonesia menyediakan jenjang pendidikan dari Taman Kanak-Kanak (TK) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan jumlah siswa keseluruhan 1150 siswa. SMA adalah jenjang pendidikan menengah yang dirancang untuk menyiapkan peserta didik melanjutkan ke pendidikan tinggi. Namun pada kenyataannya tidak semua lulusan SMA melanjutkan ke pendidikan tinggi, dan tidak memiliki keterampilan yang memadai untuk menghadapi tantangan hidup di masyarakat. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya pengetahuan dan keterampilan kewirausahaan. Peningkatan Kemampuan Dasar Kewirausahaan pada Siswa SMA perlu ditingkatkan, termasuk pada siswa SMA di Sekolah Indonesia Jeddah, Arab Saudi. Pengabdian ini memberikan solusi komprehensif dengan memberikan workshop Peningkatan Kemampuan Dasar Kewirausahaan pada Siswa di Sekolah Indonesia Jeddah, Arab Saudi. Peserta pengabdian Siswa Sekolah Indonesia Jedah, Arab Saudi mendapatkan wawasan, pengetahun, pemahaman, literasi dan kompetensi dasar-dasar kewirausahaan yang memadai seperti yang diharapkan dalam program kewirausahaan sekolah. Kesesuaian materi pengabdian dengan permasalahan yang dihadapi dalam pengembangan kewirausahaan sekolah, terlihat dari antusiasme peserta kegiatan dalam menyimak, mengajukan pertanyaan dan diskusi yang intens dengan Tim Pengabdian selama kegiatan pengabdian berlangsung sampai akhir. Kegiatan pengabdian masyarakat melalui workshop ”Peningkatan Kemampuan Dasar Wirausaha Pada Siswa Di Sekolah Indonesia Jeddah, Arab Saudi” berhasil dalam hal mencapai tujuan: 1) Mengembangkan Semangat dan Jiwa Kewirausahaan Siswa; 2) Meningkatkan Literasi, Kompetensi, Kreativitas dan Inovasi Siswa Berwirausaha; 3) Mendorong Inisiatif Pengembangan Kewirausahaan Secara Islami dalam Meneladani Kewirausahaan Rasulullah SAW dan para Sahabat.References
Direktorat Pembinaan Sekolah Mengengah Atas, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019).
Kedutaan Besar Republik Indonesia, Satuan Kerja Atase Pendidikan dan Kebudayaan. (2022). Buku Profil Sekolah Indonesia Jeddah, Arab Saudi.
Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2014). Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013.
Mahar Pratiwi dan Dian Ihsan, https://www.kompas.com/edu/read/ 2023/03/16/130302671/ Cek13-sekolah-indonesia-luar-negeri-ada-di-negara-mana-saja?).
Manish Kumar Gautam and Sunil Kumar Singh. (2015). Entrepreneurship Education: Concept, Characteristics And Implications For Teacher Education, An International Journal of Education, Vol. 5, No. 1, 21-35 .
Miftahuljannah, Wulan Purnama Sari, Fenni Supriadi, dan Yeni (2019). Menanamkan Semangat dan Jiwa Kewirausahaan pada anak Usia Sekolah Di SMA. Buletin Al-Ribaath, 16 (2019), 52-56. E-ISSN: 2579-9495, P-ISSN: 1412-7156.
Sihono T, Yusof R. (2012). Implementation of School Based Management in Creating Effective Schools. International Journal of Independent Research and Studies, 1(4):142-52.
Thompson, A. F., Stewart, A. L.,Spence, P., & Heywood, K. J. (2018). The Antarctic Slope Current ina changing climate. Reviewsof Geophysics, 56, 741–770. https://doi.org/10.1029/2018RG000624.
Timmon, Jeffry & Stephen Spinelli. (2007). New Venture Creation, Enterpreneurship for the 21st Century. New York: Mgraw-Hill, Inc.
Tuti Khairani Harahap. (2022). Pendidikan Kewirausahaan. Tahta Media Group.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Asrori Asrori, Kiswanto Kiswanto, Athoillah Athoillah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.