PELATIHAN BAHASA INGGRIS BAGI GURU SMPN 23 TERBUKA KOTA BEKASI

Authors

  • Sigit Widiyarto Universitas Indraprasta Jakarta
  • Mulyadi Mulyadi Universitas Indraprasta Jakarta
  • Harmi Ibnu Dja'far Universitas Indraprasta Jakarta
  • Subhan Harie Universitas Indraprasta Jakarta
  • Lengsi Manurung Universitas Indraprasta Jakarta
  • Nana Suyana Universitas Indraprasta Jakarta
  • Agus Abdillah Universitas Indraprasta Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2168

Keywords:

Pelatihan, Bahasa Inggris, Guru SMP

Abstract

Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan “speakingâ€/berbicara pada para guru, pembiasaan berbahasa Inggris, dan meningkatkan kemampuan mengajar bahasa Inggris kepada para guru SMPN Terbuka 23. Adapun yang mengikuti kegiatan sebanyak 15 guru. Kegiatan menggunakan metode bertahap. Dimulai dari wawancara awal, analisis stuasi, analisis masalah  dan menentukan tujuan dan manfaat kegiatan ini. Wawancara awal merupaan kunjungan prakegiatan. Kegiatan berlangsung di SMPN terbuka 23 Kota Bekasi. Kegiatan berhalan dengan baik dan mendapat respon positif dari pihak sekolah dan peserta pelatihan. Hasil kegiatan adalah Mereka mendapat nilai rata-rata 70 poin untuk pembukaaan bahasa Inggris sebanyak72 penyampaian materi dan, 74 poin untuk penutupan pelajaran dikelas. Para guru sudah terbiasa menggunakan bahasa Inggis pada pembukaan dan penutup pelajaran serta saat pada saat diluar kelas. Sudah Menguasai Kalimat sederhana di sekolah sudah mempunyai kepercayaan diri, karena sudah tidak takut salah. Program ini masih dibutuhkan bimbingan secara konsisten. Penjadwalan dan pengawasan program memerlukan pembentukan pengawas. Sekolah dapat mengadakan lomba atau pemilihan siswa terbaik dalam menjalankan program ini. 

Author Biographies

Sigit Widiyarto, Universitas Indraprasta Jakarta

Program Studi Pendidikan Ekonomi, FIPPS, Universitas Indraprasta Jakarta

Mulyadi Mulyadi, Universitas Indraprasta Jakarta

Program Studi Pendidikan BK, FIPPS, Universitas Indraprasta Jakarta

Harmi Ibnu Dja'far, Universitas Indraprasta Jakarta

Program Studi Informatika, FTIK, Universitas Indraprasta Jakarta

Subhan Harie, Universitas Indraprasta Jakarta

Program Studi Pendidikan Biologi, FPMIPA Universitas Indraprasta Jakarta

Lengsi Manurung, Universitas Indraprasta Jakarta

Program Studi Informatika, FTIK, Universitas Indraprasta Jakarta

Nana Suyana, Universitas Indraprasta Jakarta

Program Studi Teknik Industri, FTIK, Universitas Indraprasta Jakarta

Agus Abdillah, Universitas Indraprasta Jakarta

Program Studi Pendidikan Ekonomi, FIPPS, Universitas Indraprasta Jakarta

References

Ati, A. P., Shedriko, S., Harie, S., Prabowo, H. A., Purwaningsih, D., Sandiar, L., & Widiyarto, S.

(2021). PKM Pelatihan Wirausaha Dengan E-Learning Menggunakan Cisco Webex Pada Komunitas Wirausaha Pemula Nusantara Yayasan Kawis Dan Pkt Kecamatan Pasar Rebo. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 5(1), 121-132.

Hanafi, N., Djuhaeny, E., & Aziz, A. D. (2021). Penyuluhan Tentang Pembelajaran Bahasa Inggris

Bagi Guru Bahasa Inggris Sekolah Dasar Se-Kota Mataram. Darma Diksani: Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan, Sosial, Dan Humaniora, 1(1), 59-68.

Riyanto, S. (2018). Penyuluhan Memandu Turis Dengan Bahasa Inggris Kepada Karang Taruna Di

Geopark Ciletuh Kabupaten Sukabumipemertahanan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(9), 746-750.

Supandi, A., Sahrazad, S., Wibowo, A. N., & Widiyarto, S. (2020). Analisis kompetensi guru:

pembelajaran revolusi industri 4.0. Prosiding Samasta.

Sahrazad, S., Cleopatra, M., Alifah, S., Widiyarto, S., & Suyana, N. (2021). Identifikasi Faktor-

Faktor Penghambat Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj) Di Musim Pandemi Corona Pada Siswa Smp. Bahasa Indonesia Prima (Bip), 3(2), 190-194.

Sahrazad, S., Cleopatra, M., Dja’far, H. I., Ati, A. P., & Widiyarto, S. (2021). Pelatihan Menulis

Cerpen Sebagai Penguatan Program Literasi Pada Siswa Smp Kanzul Mubaarok Kota Bekasi. ABIDUMASY Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2).

Widiyarto, S., Wulansari, L., & Hasanusi, F. S. (2020). Pelatihan “english communicative†guna

mempersiapkan sdm berkualitas dan “competitiveâ€. Intervensi Komunitas, 1(2), 125-131.

Widiyarto, S., & Ati, A. P. (2018). Penerapan English communication skill pada siswa SMP.

Abdimas Siliwangi, 1(2), 75-80.

Widiyarto, S., Mubasyira, M., Tiwinyanti, L., Sartono, L. N., Alifah, S., & Pamungkas, A. (2020).

Penguatan Pendidikan Karakter dan Budi Pekerti melalui Metode Story Telling Bagi Guru Pondok Darunnadwah Cikarang-Bekasi. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 4(2), 222-227.

Zulianti, H., Maximilian, A., & Ajeng, G. D. (2016). Penyuluhan Tentang Pentingnya Pemahaman

Budaya Dalam Mengajar Bahasa Inggris Bagi Guru-Guru Bahasa Inggris Di SMK PGRI 2 Bandar Lampung. Adiguna: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 1-5.

Downloads

Published

2021-11-08 — Updated on 2022-07-25

Versions

How to Cite

Widiyarto, S., Mulyadi, M., Dja’far, H. I., Harie, S., Manurung, L., Suyana, N., & Abdillah, A. (2022). PELATIHAN BAHASA INGGRIS BAGI GURU SMPN 23 TERBUKA KOTA BEKASI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 702–707. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2168 (Original work published November 8, 2021)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.