PELATIHAN PENGGUNAAN METODE JARIMATIKA BAGI SISWA KELAS IV SD INPRES SERINGGU MERAUKE
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2553Keywords:
Pelatihan, Metode JarimatikaAbstract
Pelatihan ini bermaksud melatih siswa kelas IV SD Inpres Seringgu Merauke dalam menggunakan metode jarimatika. Pelatihan ini dilakukan karena dilatarbelakangi siswa memiliki kebiasaan menghafal perkalian. Hal tersebut mengakibatkan siswa bosa dan kurang tertantang dalam menguasai konsep perkalian. Pengetahuan siswa tentang metode jarimatika dapat membantu siswa menyelesaikan soal-soal perkalian dengan lebih cepat dan tepat. Oleh karena itu diperlukan pelatihan penggunaan metode jarimatika bagi siswa kelas IV SD Inpres Seringgu Merauke agar siswa lebih mudah dalam menyelesaikan soal-soal perkalian. Pelatihan ini dilaksanakan dalam 1 hari pada tanggal 15 Maret 2019 di kelas IV SD Inpres Seringgu Merauke. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini yakni metode demonstrasi, tanya jawab dan praktik menggunakan metode jarimatika. Siswa sangat antusias selama pelatihan berlangsung. Siswa tertarik untuk menggunakan metode jarimatika. Siswa aktif bertanya jawab tentang metode jarimatika. Setiap siswa mempraktikkan metode jarimatikadi depan kelas. Siswa yang mampu menggunakan metode jarimatikadengan benar memperoleh reward/hadiah. Hasil dari kagiatan pelatihan ini adalah siswa mampu memakai metode jarimatikadalam penyelesaian soal-soal Matematika dengan waktu yang lebih cepat.References
Astuti, T. 2013. Metode Berhitung Lebih Cepat Jarimatika. Jakarta: Lingkar Media.
Budiningsih, C. A. 2012. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamdunah, Fitri, D. Y., & Cesaria, A. 2014. “Pelatihan Jarimatika Perkalian Bagi Guru-Guru Di SDN 02 Lubuk Buaya.†Jurnal LEMMA 1(1): 20–25.
Husna, A. 2017. “Pelatihan Penggunaan Metode Jarimatika Untuk Menanamkan Konsep Cara Mudah Menghitung Perkalian Pada Siswa Sekolah Dasar RW 01 Kelurahan Kibing.†Minda Baharu 1: 19–24.
Lanya, H., Aini, S. D. & Irawati, S. 2020. “Pelatihan Metode Jarimatika Sebagai Alternatif Dalam Pembelajaran Matematika SD.†Jurnal Pengabdian pada Masyarakat 5(2): 390–98.
Nasution, T. K. & Surya, E. 2016. “Penerapan Teknik Jarimatika Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Perkalian Bilangan.†UNION: Jurnal Pendidikan Matematika 4(2).
Rahayu, D. S. 2016. “Pelatihan Jarimatika Bagi Ibu-Ibu D Bendoagung Kab. Trenggalek Sebagai Bekal Mendampingi Siswa Belajar Matematika Di Rumah.†J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat) 5(1): 16–19.
Refianti, M., Hartini, S., & Gunandi, F. 2019. “Kemampuan Operasi Perkalian Siswa Tunanetra Menggunakan Teknik Jarimatika.†In Prosiding Seminar Matematika Dan Sains Departemen Pendidikan Matematika Dan Pendidikan Biologi FKIP Universitas Wiralodra, , 60–67.
Sukriadi, Rahmah, H., & Sere, N. 2019. “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Melalui Metode Jarimatika Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar.†In Seminar Nasional Ilmu Pendidikan FKIP UNMUL I, , 78–86.