PELATIHAN DAN PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN SISWA TENTANG PERAKITAN KOMPUTER DI SMA PGRI DUMAI
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.5133Keywords:
perakitan, komputer, pelatihan, pembelajaran, pengabdian masyarakatAbstract
Saat ini Komputer merupakan kebutuhan utama dalam kehidupan. Sebelum komputer dapat digunakan komputer harus dirakit terlebih dahulu. Proses ini dinamakan proses perakitan komputer. Proses ini memerlukan pengetahuan khusus yang umumnya terdapat pada mata pelajaran perakitan komputer di SMK bukan di SMA karena Pendidikan dan Kurikulum di SMA berbeda dengan di SMK. Jika pada SMK, Setelah lulus sekolah siswa akan mendapatkan ilmu dan keterampilan sesuai dengan jurusannya, berbeda dengan siswa yang ada di tingkat SMA. Tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah siswa SMA dapat memiliki pengetahuan tentang perakitan dasar komputer sebagai bekal keterampilan mereka setelah lulus sekolah. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan pada SMA PGRI Dumai karena Sekolah ini merupakan salah satu sekolah swasta yang ada di kota Dumai, dimana mayoritas siswanya berasal dari masyarakat ekonomi menengah ke bawah dan sulit untuk bisa melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi lagi. Pelatihan ini dimaksud untuk membekali para siswa agar setelah lulus sekolah, para siswa mempunyai keterampilan khusus dalam perakitan komputer dan nantinya diharapkan mereka mampu untuk membuka lapangan kerja sendiri dari pelatihan perakitan komputer ini. Pelatihan yang dilakukan berupa : memberikan materi pengetahuan dasar tentang perakitan komputer, melakukan praktek langsung bagaimana cara merakit komputer dan Setelah praktek dilaksanakan, kemudian melakukan tes/ujian langsung kepada para siswa untuk mengetahui seberapa paham siswa tentang materi yang telah diberikan. Hasil yang diperoleh dalam kegiatan ini para siswa mampu merakit komputer, mengetahui dan memahami komponen apa saja yang terdapat dalam sebuah komputer beserta fungsi-fungsinya serta mampu lebih waspada dan teliti ketika akan membeli atau memasang komponen komputer. Sehingga para siswa bisa punya keterampilan khusus berupa perakitan komputer sebagai bekal setelah lulus sekolah.References
Dharmawati, D. (2020). Pembelajaran Berbasis Komputer Menggunakan Ms. Office 2019 Pada Siswa Di Smk Dwitunggal 1 Tanjung Morawa. Dinamisia?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1). https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i1.3751
m. andry iqromi, muh. husein. (2018). Pengaruh media komputer terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 3(1).
Muhammad Amin, muhammad S. (2021). Pelatihan perakitan komputer pada CV. Rivanta Tanjung balai. Jurdimas, 4(3).
Nugraha, A. A., Amalia, F., & Brata, A. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Perakitan Komputer Dengan Menerapkan Metode Agile Software Development. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (JPTIIK) Universitas Brawijaya, 2(6), 2200–2210. Retrieved from http://j-ptiik.ub.ac.id
Nugraha, N. B., Sellyana, A., & Suhaidi, M. (2019). Pelatihan E-Learning Pada Guru Sma It Plus Bazma Brilliant. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 2(2), 127–132. https://doi.org/10.33330/jurdimas.v2i2.334
Nurjamiyah, Rahayu, E., Andriana, S. D., & Rahman, S. (2019). Pelatihan Perakitan Dan Instalasi Komputer Bagi Siswa/I Perguruan Islam Smk Cerdas Murni Tembung. Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 28–32.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ari Sellyana, Tri Yuliati, Tri Handayani, Juni Saputra, Alip Pratama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.