PELATIHAN MENGGAMBAR TEKNIK DENGAN SOLIDWORK GUNA MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA SMK NEGERI 3 DUMAI
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2595Keywords:
Solidwork, Kompetensi, AplikasiAbstract
Sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi siswa/i dalam menggunakan software-software yang digunakan dalam menggambar. Pengabdian masyarakat ini bertujuan (1) mengembangkan modul pembelajaran menggambar teknik dengan solidwork di SMK Negeri 3 Dumai. (2) mengetahui hasil dan tingkat kelayakan yang diperoleh dari pengujian validasi modul sebagai sumber belajar menggambar teknik oleh ahli media, ahli materi, dan guru mata pelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Research and Development (R&D) yang mengacu model penelitian dan pengembangan 2 dimensi dan 3 dimensi terdiri empat tahap utama, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Salah satunya software solidwork yang digunakan dalam menggambar teknik. Tingginya jumlah siswa yang belum memahami software ini tentunya menjadi tantangan bagi SMK Negeri 3 Dumai dalam meningkatkan kompetensi siswanya. Selain itu masih banyak ditemukan siswa masih belum mengenal software ini dalam penerapan menggambar. Materi ini sangat dibutuhkan siswa dalam memahami dan menerapkan menggambar teknik, dan tentunya juga berdampak pada peningkatan kompetensi siswa dalam menggambar. Namun untuk siswa SMK Negeri 3 masih banyak yang belum mengenal dan memahami software ini sehingga perlu perhatian terhadap siswa SMK Negeri 3 Dumai. Software solidwork adalah salah satu media menggambar yang sangat bagus untuk diterapkan karena terdiri gambar yang disajikan 2 Dimensi dan 3 Dimensi dalam sekali menggambar. Hasil pengabdian ini diharapkan siswa dapat memahami dan mampu membuat gambar salah satu produk.References
Arief Yudha, Rino Andias A, and Yusuf Nugroho. 2015. “Modul Part Assembly Menggunakan Model Addie Sebagai Media Pembelajaran Gambar Teknik Yang.†2(April): 53–58.
Daryanto. (2013). Menyusun Modul (Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam mengajar). Yogyakarta: PT. Gava Media.
Fernandez, D., Chandra, R., Maksum, H., & Afnison, W. (2018). Workshop Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). (4).
Hamalik, O. (1986). Media Pendidikan. Bandung: PT Alumni.
Hartoyo. (2009). Upaya Meningkatkan Presentasi Melalui Pembelajaran dengan Modul Berbasis Kompetensi. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 18 (1) : 61-83.
Hujair, A.H.S. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.
Industri, Teknik, Fakultas Teknik, and Ibnu Sina. 2019. “JT-IBSI.†4(2): 19–25.
Khumaedi, Muhammad. 2015. “Buku Ajar Gambar Teknik.†: 1–70.
Muhammad, A. (2014). Perbandingan Strategi Pembelajaran Teacher Centered Learning dengan Student Centered Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta. TAS UMS.
Mustholiq, I., Sukir., dan Chandra, A. (2007). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia pada Mata Kuliah Dasar Listrik. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 16 (1) : 1-18.
Nasution, S. (2008). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar.Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Permana, Y. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Autocad dengan Konsep
Purnawan, Y. (2007). Pengenalan PBL (Pembelajaran Berbasis Proyek).
Spencer, L. M., & Spencer, P. S. M. (2008). Competence at Work models for superior performance. John Wiley & Sons