OPTIMALISASI PEMBELAJARAN PAK MELALUI HYBRID COOPERATIVE LEARNING DAN TEKNOLOGI MULTIMEDIA

Authors

  • Joel Sianipar PTKKN Kementerian Agama RI
  • Rafael Simanjuntak PTKKN Kementerian Agama RI

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i4.53526

Keywords:

Hybrid Cooperative Learning, Teknologi Multimedia, Pendidikan Agama Kristen, Keterlibatan Siswa, Pembelajaran Kolaboratif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi Hybrid Cooperative Learning yang dipadukan dengan teknologi multimedia dalam mengoptimalkan pembelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) di tingkat SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi hybrid tersebut memengaruhi minat belajar, pemahaman konsep, keterampilan sosial, dan keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik purposive sampling untuk memilih partisipan, yaitu siswa kelas X dan guru PAK yang menjadi fasilitator pembelajaran. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara semi-terstruktur, serta analisis artefak pembelajaran seperti proyek kelompok dan presentasi multimedia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hybrid Cooperative Learning secara signifikan meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa. Aktivitas kelompok yang kolaboratif memungkinkan siswa berbagi pengetahuan, saling mendukung, serta mengembangkan kemampuan berpikir kritis, sementara penggunaan multimedia memberikan representasi visual dan interaktif dari kisah Alkitab serta nilai-nilai Kristiani sehingga pemahaman siswa lebih mendalam. Siswa melaporkan adanya peningkatan antusiasme dan kemampuan untuk menginternalisasi ajaran Kristiani dalam konteks kehidupan sehari-hari. Selain itu, keterampilan sosial seperti kerja sama, komunikasi, dan penyelesaian konflik meningkat melalui interaksi kooperatif yang terstruktur. Penelitian ini menemukan beberapa tantangan, antara lain kesiapan guru, perbedaan kemampuan teknologi siswa, serta keterbatasan sarana multimedia. Implementasi yang efektif membutuhkan perencanaan matang, pelatihan guru, dan dukungan infrastruktur yang memadai. integrasi Hybrid Cooperative Learning dan multimedia merupakan strategi pedagogis yang efektif untuk PAK, meningkatkan pengalaman belajar yang aktif, bermakna, dan kontekstual, sekaligus mengembangkan pemahaman kognitif, moral, dan spiritual siswa secara menyeluruh.

References

Hidayati, D., & Santoso, A. (2021). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap motivasi dan pemahaman siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Pendidikan Kristiani, 7(2), 145–162.

Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (2019). Cooperative learning: The foundation for active learning. Boston: Pearson Education.

Kurniawan, R., & Setiawan, F. (2020). Implementasi blended learning pada pembelajaran agama di sekolah menengah atas. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 5(1), 33–48.

Lestari, N., & Purwanto, H. (2022). Pemanfaatan video pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran PAK. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(3), 211–225.

Maulana, R., & Fadhilah, L. (2020). Pembelajaran kooperatif dalam pendidikan karakter: Studi kasus di SMA Negeri 1 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(1), 55–70.

Putra, A., Nugroho, S., & Widodo, A. (2020). Efektivitas pembelajaran hybrid terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAK. Jurnal Pendidikan Abad 21, 4(2), 89–104.

Ramadhani, T., & Sari, D. P. (2021). Peran multimedia interaktif dalam pembelajaran PAK untuk meningkatkan motivasi dan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Kristen, 8(2), 101–118.

Santosa, B., & Wirawan, I. (2019). Model pembelajaran hybrid: Integrasi cooperative learning dan teknologi informasi dalam pendidikan. Jurnal Pendidikan Inovatif, 3(1), 44–59.

Sugiyono. (2020). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Alfabeta, Ed. 21). Bandung: Alfabeta.

Susanto, H., & Wibowo, A. (2021). Penerapan cooperative learning tipe jigsaw untuk meningkatkan pemahaman konsep PAK siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(1), 67–82.

Tarigan, M. (2019). Pembelajaran kooperatif: Strategi meningkatkan partisipasi dan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Kristen, 5(2), 121–136.

Triyono, D., & Handayani, P. (2022). Pengaruh penggunaan media audio-visual terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Kristen di SMA. Jurnal Teknologi dan Pembelajaran, 11(3), 215–230.

Wahyudi, R., & Fitriani, L. (2020). Hybrid learning: Pendekatan inovatif dalam pembelajaran abad 21. Jurnal Pendidikan Digital, 6(2), 55–70.

Wulandari, S., & Hartono, D. (2021). Efektivitas pembelajaran kooperatif berbasis multimedia dalam meningkatkan keterampilan sosial dan akademik siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(1), 77–94.

Yuliani, R., & Prasetyo, T. (2022). Strategi pembelajaran berbasis proyek dan multimedia untuk pendidikan karakter di sekolah menengah. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(2), 145–162.

Zulkarnain, M., & Rachman, F. (2021). Integrasi teknologi dan cooperative learning dalam pembelajaran PAK untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Abad 21, 5(1), 33–50.

Downloads

Published

2025-12-10

How to Cite

Sianipar, J., & Simanjuntak, R. (2025). OPTIMALISASI PEMBELAJARAN PAK MELALUI HYBRID COOPERATIVE LEARNING DAN TEKNOLOGI MULTIMEDIA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(4), 8409–8417. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i4.53526

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.