ANALISIS EFEKTIFITAS “PERJANJIAN DAMAI” SEBAGAI BENTUK PENYELESAIAN KASUS BULLYING DI SEKOLAH DAN DAMPAK PSIKOLOGIS JANGKA PANJANG TERHADAP KORBAN DI SEKOLAH UPT SMP NEGERI 17 MEDAN, SUMATERA UTARA)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.51060Keywords:
Bullying, Perjanjian damai, PsikologisAbstract
Dasar utama pembentukan karakter seseorang untuk masa depan adalah pendidikan. Berdasarkan Pasal 27 Undang-Undang Dasar 1945, yang menekankan kesetaraan hak di hadapan hukum, sekolah memegang peranan penting dalam struktur proses pendidikan yang melindungi hak-hak siswa. Metode dalam penelitian ini menggunakan kualitatif Deskrpitif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi dan adapun jumlah responden dalam penelitian ini adalah 6 (Enam) responden, dan tujuan penelitian untuk mencegah dan menangani kasus Bullying dan guru dapat menyusun sejumlah langkah strategis diantaranya adalah menetapkan aturan yang jelas dan tegas terkait perilaku bullying beserta konsekuensinya, menyediakan ruang aman bagi korban melalui sistem pelaporan seperti kotak aduan, menyelenggarakan kampanye anti-bullying baik di tingkat kelas maupun sekolah, memberikan pemahaman tentang hak dan kewajiban siswa agar tercipta rasa saling menghargai, melakukan pengawasan intensif terhadap interaksi siswa, serta membangun komunikasi yang efektif antara orang tua, guru, dan kepala sekolah. Upaya-upaya tersebut diharapkan mampu menciptakan lingkungan belajar yang aman, mendukung perkembangan sosial-emosional siswa, dan mencegah terjadinya kekerasan antar peserta didik.References
Abdillah, F. (2024). EDUCARE : Jurnal Pendidikan dan Kesehatan Dampak Bullying di Sekolah Dasar dan Pencegahannya. EDUCARE: Jurnal Pendidikan Dan Kesehatan, 2(1), 102–108.
Arya, L. (2018). Melawan Bullying Menggagas Kurikulum Anti Bullying di Sekolah. In CV. Sepilar Publishing House (Issue 003).
Asyifah, C., Firmansyah, M. A., & Budiman, D. A. (2024). Kasus Bullying Dunia Pendidikan di Indonesia dari Perspektif Media dan Pemberitaannya. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 9(1), 374–383. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v9i1.14855
Ayu Suciartini, N. N., & Unix Sumartini, N. L. P. (2019). Verbal Bullying Dalam Media Sosial. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 6(2), 152. https://doi.org/10.30659/j.6.2.152-171
Fathoni, M. S. Al, & Setiawati, D. (2020). Studi Kasus Perilaku Bullying Relasional di Madrasah Aliyah Negeri 2 Gresik. Jurnal BK Unesa, 11(3), 397–406.
Febritanti, S. T. (2023). Perilaku Bullying Pada Remaja. Jurnal Pengabdian Dinamika, 10(1), 21. https://doi.org/10.62870/dinamika.v10i1.21808
Muhajirin, Risnita, & Asrulla. (2024). 11+Gm+82-92. Journal Genta Mulia, 15(1), 82–92.
Novi Herawati, & Deharnita. (2019). Gambaran Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Perilaku Bullying pada Anak. Ners Jurnal Keperawatan, 15(1), 60–66. https://doi.org/10.25077/njk.v15i1.168
Pramudita, T., Kholifah, R., & Sancaya, S. A. (2022). Dampak Bullying Terhadap Kesehatan Mental Siswa. 1, 349–355.
Prastiti, J. P., & Anshori, I. (2023). Efek Sosial Dan Psikologis Perilaku Bullying. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 7(1), 69–77.
Setiawan, D. P., Mirnawati, & Fauzi, M. (2021). Persepsi Masyarakat terhadap Kasus Bullying pada Anak Autis. Jurnal Disabilitas, 1(2), 35–40.
Shidiqi, M. F., & Suprapti, V. (2013). Pemaknaan Bullying pada Remaja Penindas (The Bully). Jurnal Psikologi Kepribadian Dan Sosial, 2(2), 93.
Sulisrudatin, N. (2014). Kasus Bullying Dalam Kalangan Pelajar (Suatu Tinjauan Kriminologi). Jurnal Ilmiah Hukum Dirgantara, 5(2), 57–70. https://doi.org/10.35968/jh.v5i2.109
Trisnani, R. P., & Wardani, S. Y. (2019). Perilaku Bullying Di Sekolah. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.31316/g.couns.v1i1.37
Wibowo, H., Fijriani, F., & Krisnanda, V. D. (2021). Fenomena perilaku bullying di sekolah. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 1(2), 157–166. https://doi.org/10.30998/ocim.v1i2.5888
Zulvia Misykah, Nur Wahyuni, Dewi Sartika Panggabean, & Dinda Widyastija. (2023). Identifikasi Anak dengan Gangguan Psikologis Akibat Bullying pada Siswa Sekolah Dasar: Strategi Dampak dan Intervensi. Bima Journal of Elementary Education, 1(1), 9–14. https://doi.org/10.37630/bijee.v1i1.881
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jhonni Erikson Sianturi, Parlaungan Gabriel Siahaan, Novridah Reanti Purba, Bertaliana Br Ginting, Priscilia Priscilia, Ana Silva Siringo- Ringo, Natassya Handayani, Ririn Marlina Manullang

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




