PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN (TGT) TEAMS GAMES TOURNAMEN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR MANAJEMEN PERKANTORAN DAN LAYANANBISNIS KELAS X MPLB DI SMK NEGERI 1 PEMATANGSIANTAR T.A 2024/2025

Authors

  • Yohana Oktavia Hutapea Universitas Negeri Medan
  • Munajat Munajat Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.50811

Keywords:

Model Teams Games Tournamen, Minat Belajar, Hasil Belajar Dasar Dasar MPLB

Abstract

Masalah yang di teliti dalam penelitian ini adalah hasil belajar Dasar Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis yang masih belum mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model teams games tournamen dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar-Dasar MPLB kelas X MPLB di SMK Negeri 1 Kota Pemangsiantar. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kota Pematangsiantar yang beralamat di Jalan Bali No. 5 Pematangsiantar. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MPLB sebanyak 107 siswa. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari X MPLB 1 dan X MPLB 3 sebanyak 72 Siswa. Instrumen penelitian terdiri dari tes soal hasil belajar dan angket minat belajar. Teknik analisis data yang digunakan uji normalitas adalah Kolmogorov Smirnov dan uji homogenitas menggunakan uji f (Levene), sedangkan uji hipotesis menggunakan Anova Dua Jalur pada SPSS versi 25. Hasil analisis data diperoleh rerata Pre-Test siswa kelas eksperimen dan kontrol berturut-turut = 60,42 dengan SD = 8,732 dan 58,33 dengan SD = 8,018 sedangkan nilai rerata Post-Test setelah menggunakan model teams games tournamen=83,19 dengan SD =5,994 dan konvensional = 70,97 dengan SD = 7,053. Dari hasil analisis data yang diperoleh bahwa data hasil belajar yang menggunakan model teams games tournamen dan minat tinggi = 85,96 dan minat rendah = 76 lebih besar dari hasil belajar siswa yang menggunakan model konvensional dan minat tinggi = 75 dan minat rendah = 65,93 dengan nilai sig. 0,004 , dalam hal ini hipotesis tersebut menolak  dan menerima . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengaruh interaksi antara model teams games tournamen dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar-Dasar MPLB Kelas X MPLB di SMK Negeri 1 Kota Pematangsiantar.

References

Amalia, L., Astuti, D. A dan Hapsari, B. 2023. Model Pembelajaran Kooperatif Semarang: Cahya Ghani Recovery.

Asyafah, A. 2019. MENIMBANG MODEL PEMBELAJARAN (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). Indonesian Journal of Islamic Education, Vol. 6

Dimyanti dan Mudjono. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djaali. 2017. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Dona, D. 2024. Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 99–107.

Elvera dan Astarina, Y. 2021. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Fathurrohman, M. 2017. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Fauzi, A dan Masrupah, S. 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Ngaos: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 10–20.

Febriana, R. 2019. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Kompri. 2017 . Belajar; Faktor Faktor yang Mempengaruhinya. Yogyakarta: Media Akademi.

Korompot, S., Rahim,M dan Pakaya, R. 2020. Persepsi Siswa Tentang Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 1(1), 40–48.

Lisawati dan Liza, F. 2021. Model Model Pembelajaran Teori dan Praktik. Bantul: Penerbit KBM Indonesia.

Manasikana, O. A. 2022. Model Pembelajaran Inovatif dan Rancangan Pembelajaran Untuk Guru Ipa SMP. Jakarta: LPPM Unhasy Tebuireng Jombang.

Maruwae, A. 2022. Telaah Hasil Belajar;Strategi Pembelajaran dan Gaya Kognitif. Malang: Literasi Nusantara.

Mulyani, S. R. 2021. Metodologi Penelitian. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

Mustamiroh, M., Sutja, A., & Maulia, S. T. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ppkn Kelas Viii Di Smp Negeri 5 Muaro Jambi. Academy of Education Journal, 14(2), 1469–1476.

Ngao, M. M., Mukin, M. U. J., Maing, C. M. M., Begu, P. O., Yohanes, T., & Dewa, E. 2020. Model Team Games Tournament Pada Materi Fisika Sma. Seminar Nasional Pendidkan FKIP UNMA, 787–794.

Nugroho, M. A., Muhajang, T dan Budiana, S. 2020. Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 3(1), 42–46.

Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S dan Budiantara, M. 2017. Buku Ajar Dasar-dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: In Sibuku Media.

Octavia, S. 2022. Model-Model Pembelajaran. Sleman: Deepublish Publisher.

Rahmawati, R. K. N. 2024. Minat Belajar; Konsep Dasar, Indikator & Faktor-Faktor yang Memengaruhi. Malang: CV.Literasi Nusantara Abadi.

Rusman. 2019. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Safitri, I dan Lestarani, D. 2024. Teori Pengukuran Dan Evaluasi. Surakarta: Ruang Tentor.

Sahertian, N. L. (202. Bahan Ajar, Motivasi dan Hasil Belajar. Malang: Literasi Nusantara.

Setiawan, A., Nugroho, W dan Widyaningtyas, D. 2022. Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN 1. 2(2).

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Aruzz Media.

Simamora, A., Panjaitan, M dan Manalu, A. (2024). Model Pembelajaran Kooperatif. Tasikmalaya: Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia Anggota Ikapi Jawa Barat.

Slameto. 2016. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Slavin, R. 2005. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Sudaryono. 2019. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Sumardi. 2020. Teknik Pengukuran dan Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Deepublish Publisher.

Suprijono, A. 2019. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Swarjana, I. ketut. 2022. Populasi Sampel, Teknik Sampling & Bias Dalam Penelitian. Jakarta: Andi.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wahyuningsih, E. S. 2020. Model Pembelajaran Mastery learning; Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Jakarta: Deepublish Publisher.

Downloads

Published

2025-09-20

How to Cite

Hutapea, Y. O., & Munajat, M. (2025). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN (TGT) TEAMS GAMES TOURNAMEN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR MANAJEMEN PERKANTORAN DAN LAYANANBISNIS KELAS X MPLB DI SMK NEGERI 1 PEMATANGSIANTAR T.A 2024/2025. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(3), 7671–7677. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.50811

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.