PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA DISKON TERHADAP MINAT BELI PADA PENGGUNA APLIKASI SHOPEE

Authors

  • Muhammad Chairil Arifin Universitas Trunojoyo Madura
  • Triana Setiyarini Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i4.51186

Keywords:

Kualitas Produk, diskon, minat Beli, E-commerce

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah bagaimana kualitas produk dan pemberian diskon memengaruhi minat beli mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Trunojoyo Madura dalam menggunakan aplikasi Shopee. Berangkat dari fenomena transformasi digital dan pesatnya perkembangan e-commerce, penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 48 mahasiswa yang pernah bertransaksi di Shopee. Data dikumpulkan menggunakan skala Likert, kemudian dianalisis dengan metode SEM-PLS menggunakan bantuan perangkat lunak SmartPLS 4 serta SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan diskon secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap minat beli, dengan kemampuan menjelaskan varians minat beli sebesar 64,6%. Variabel kualitas produk memiliki pengaruh signifikan dengan nilai T-statistik 3,273, sedangkan variabel diskon memiliki pengaruh signifikan dengan nilai T-statistik 5,073. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis dan praktis dalam memahami faktor-faktor yang memengaruhi minat beli konsumen di platform e-commerce.

References

Fina Nur Falah, Misti Hariasih, S. S. (2024). Promotion on Consumer ’ S Purchase Interest in Crinkle Fabric At Markectplace Shopee. 7, 229–247.

Halim, N. R., & Iskandar, D. A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Strategi Promosi Terhadap Minat Beli. Jurnal Ilmu Dan Riset …, 4(3), 415–424. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/2605

Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Penerbit Salemba Empat. Jakarta. Penerbit Salemba Empat.

Oktavia, F., & Fageh, A. (2022). Pengaruh Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Halal Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ecodemica Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.31294/eco.v6i1.11196

Pratama, A. P., & Yoedtadi, M. G. (2021). Pengaruh Diskon 9.9 Super Shoping Day Shopee terhadap Minat Beli Pengguna Aplikasi Shopee. Prologia, 5(1), 204. https://doi.org/10.24912/pr.v5i1.10127

Resta, A., Akhmad, K. A., & Gunaningrat, R. (2023). Pengaruh Program Voucher Diskon dan Program Gratis Ongkos Kirim terhadap Minat Beli Ulang pada Aplikasi Shopee Food. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(1), 759–771. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i1.4878

Sonata, I. (2019). Pengaruh Price Discount Dan in-Store Display TerhadapKeputusan Impulse Buying Pada Produk Miniso. Jurnal Riset Manajemen & Bisnis, 4(1), 46–53.

Sutanto, I. L., & Nirawati, L. (2023). Pengaruh Media Sosial Dan Potongan Harga (Diskon) Terhadap Minat Beli Produk Roughneck Di Shopee. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI), 8(1), 49–58. https://doi.org/10.31932/jpe.v8i1.2031

Wahyuni, A., Handoko, T., & Widodo, Z. D. (2022). PENGARUH MINAT BELI MASYARAKAT TERHADAP DISKON SHOPEE, KUALITAS PRODUK DAN HARGA BAGI PENGGUNA SHOPEE (Study Kasus Bagi Pengguna Shopee di Sragen). Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9(4), 869–879. https://doi.org/10.37606/publik.v9i4.454

Downloads

Published

2025-12-05

How to Cite

Arifin, M. C., & Setiyarini, T. (2025). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA DISKON TERHADAP MINAT BELI PADA PENGGUNA APLIKASI SHOPEE. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(4), 8268–8273. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i4.51186

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.