PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA DISKON TERHADAP MINAT BELI PADA PENGGUNA APLIKASI SHOPEE
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i4.51186Keywords:
Kualitas Produk, diskon, minat Beli, E-commerceAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah bagaimana kualitas produk dan pemberian diskon memengaruhi minat beli mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Trunojoyo Madura dalam menggunakan aplikasi Shopee. Berangkat dari fenomena transformasi digital dan pesatnya perkembangan e-commerce, penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 48 mahasiswa yang pernah bertransaksi di Shopee. Data dikumpulkan menggunakan skala Likert, kemudian dianalisis dengan metode SEM-PLS menggunakan bantuan perangkat lunak SmartPLS 4 serta SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan diskon secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap minat beli, dengan kemampuan menjelaskan varians minat beli sebesar 64,6%. Variabel kualitas produk memiliki pengaruh signifikan dengan nilai T-statistik 3,273, sedangkan variabel diskon memiliki pengaruh signifikan dengan nilai T-statistik 5,073. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis dan praktis dalam memahami faktor-faktor yang memengaruhi minat beli konsumen di platform e-commerce.References
Fina Nur Falah, Misti Hariasih, S. S. (2024). Promotion on Consumer ’ S Purchase Interest in Crinkle Fabric At Markectplace Shopee. 7, 229–247.
Halim, N. R., & Iskandar, D. A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Strategi Promosi Terhadap Minat Beli. Jurnal Ilmu Dan Riset …, 4(3), 415–424. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/2605
Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Penerbit Salemba Empat. Jakarta. Penerbit Salemba Empat.
Oktavia, F., & Fageh, A. (2022). Pengaruh Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Halal Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ecodemica Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.31294/eco.v6i1.11196
Pratama, A. P., & Yoedtadi, M. G. (2021). Pengaruh Diskon 9.9 Super Shoping Day Shopee terhadap Minat Beli Pengguna Aplikasi Shopee. Prologia, 5(1), 204. https://doi.org/10.24912/pr.v5i1.10127
Resta, A., Akhmad, K. A., & Gunaningrat, R. (2023). Pengaruh Program Voucher Diskon dan Program Gratis Ongkos Kirim terhadap Minat Beli Ulang pada Aplikasi Shopee Food. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(1), 759–771. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i1.4878
Sonata, I. (2019). Pengaruh Price Discount Dan in-Store Display TerhadapKeputusan Impulse Buying Pada Produk Miniso. Jurnal Riset Manajemen & Bisnis, 4(1), 46–53.
Sutanto, I. L., & Nirawati, L. (2023). Pengaruh Media Sosial Dan Potongan Harga (Diskon) Terhadap Minat Beli Produk Roughneck Di Shopee. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI), 8(1), 49–58. https://doi.org/10.31932/jpe.v8i1.2031
Wahyuni, A., Handoko, T., & Widodo, Z. D. (2022). PENGARUH MINAT BELI MASYARAKAT TERHADAP DISKON SHOPEE, KUALITAS PRODUK DAN HARGA BAGI PENGGUNA SHOPEE (Study Kasus Bagi Pengguna Shopee di Sragen). Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9(4), 869–879. https://doi.org/10.37606/publik.v9i4.454
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Chairil Arifin, Triana Setiyarini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




