EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI PERKANTORAN KELAS XI MPLB DI SMKN 7 MEDAN TA 2023/2024

Authors

  • Munajat Munajat Universitas Negeri Medan
  • Nikmah Abidah Telaumbanua Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.33360

Keywords:

Penggunaan Media Audio Visual, Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa

Abstract

Persoalan pokok pada penelitian ini ialah rendahnya hasil belajar siswa. Kelas XI Teknologi Perkantoran MPLB SMKN 7 Medan pada tahun anggaran 2023/2024 menjadi fokus penelitian ini, yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media ajar AV dan motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Sebanyak 207 siswa kelas XI MPLB SMKN 7 Medan menjadi populasi penelitian. Besar sampel 67 siswa, dengan metode pengambilan sampel proporsional random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan 41 pernyataan yang valid. Serangkaian uji statistik meliputi regresi linier berganda, uji-t, uji-F, dan koefisien determinasi (R2) digunakan untuk menguji data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien determinasi (R2) sebesar 20% atau 0,220 dan fhitung > ftabel atau 9,048 > 3,14. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SMKN 7 Medan T.A. Siswa tahun ajaran 2023/2024 yang terdaftar di Kelas XI Teknologi Perkantoran MPLB terdampak oleh penggunaan media audiovisual dan motivasi belajar dalam kaitannya dengan hasil belajar mereka.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Pendekatan Praktis . Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2023). Media pembelajaran . Depok: Rajawali Pers.

Diana Langgeng Mustikawati, FZB (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Y Siswa SMK. Intelletika: Jurnal Ilmiah Mahasiswa , 2 (2). https://doi.org/10.59841/intellektika.v2i2.916

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program (IBM SPSS). Semarang:

Badan Penerbitan Universitas Diponegororo.

Mursyidi, W. (2019). "Review Teori Pembelajaran Behavioris dan Desain Instruksional." Jurnal Pendidikan Islam (1): 33–38. http://dx.doi.org/10.38153/alm.v3i1.30.

Purwanto, N. (2016). Psikologi Pendidikan . Bandung: Pemuda Rosdakarya.

Rahmawati, DI, & Rosy, B. (2021). Pengaruh Fasilitas Belajar dan X2 Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Krian 2 Sidoarjo pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran. Jurnal Administrasi Perkantoran JOAEP: Pendidikan dan Praktek , 1 (2), 108–123. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/joa/article/view/42115

Rahmi, L., & Alfurqan. (2021). Pengaruh Penggunaan X1 Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan dan Pembangunan , 9 (3), 580–589. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2671

Saputra, HD, Ismet, F., & Andrizal, A. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Y Siswa SMK. INVOTEK: Jurnal Inovasi dan Teknologi Kejuruan , 18(1), 25–30. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.168

Sardiman. 2016. Interaksi dan X2 Mengajar. depok: Raja Grafindo.

Sembiring, RSB., & Nura, A. (2022). Pengaruh Motivasi Ekstrinsik dan Motivasi Intrinsik Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran. Jurnal Nasional Pemasaran & Manajemen SDM , 3(4), 197 - 211. https://doi.org/10.47747/jnmpsdm.v3i4.961

Sugiyono. (2012). Penelitian Pendidikan . Bandung: Abjad.

Uno, H. (2021). Teori Motivasi dan Pengukurannya . Jakarta: Bumi Literasi.

Downloads

Published

2024-09-06

How to Cite

Munajat, M., & Telaumbanua , N. A. . (2024). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI PERKANTORAN KELAS XI MPLB DI SMKN 7 MEDAN TA 2023/2024. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 12626–12633. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.33360