PERBEDAAN INDIVIDU DARI GAYA BELAJARNYA SERTA IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN

Authors

  • Maria Magdalena Zagoto Mahasiswa Prodi Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Nevi Yarni Dosen/Staf Pengajar Prodi Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Oskah Dakhi Mahasiswa Prodi Pendidikan Teknologi Kejuruan, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.481

Keywords:

Perbedaan Individu, Gaya Belajar, Pembelajaran.

Abstract

Setiap manusia diciptakan oleh Sang Khalik dengan segala keunikan dan karakteristik atau ciri khasnya masiing-masing. Hal ini dinamakan sebagai perbedaan individu (individual differences). Perbedaan individu adalah perbedaan kemampuan dan karakteristik (kognitif, kepribadian, keterampilan fisik, dan lain sebagainya) antar peserta didik pada jenjang usia tertentu dan dalam setiap kelompok tertentu. Melalui praktik dan aktivitas pendidikan, kita dapat mengakomodasi perbedaan individual para siswa. Demikian pula halnya gaya belajar antar satu sama lain juga berbeda. Ada yang gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. Pentingnya untuk mengenali gaya belajar anak didik sehingga guru bisa memvariasikan gaya mengajar, metode pembelajaran yang cocok diterapkan dalam proses pembelajaran. Metode analisis yang dilakukan adalah studi pustaka, dengan cara mencari beberapa sumber yang telah diterbitkan oleh penulis/peneliti lain terkait dengan perbedaan individu dari gaya belajarnya. Sebagai pengajar kita harus mampu memilih berbagai cara/teknik yang dapat mengakomodasi perbedaan-perbedaan siswa secara personal dan mengoptimalkan kemajuan maupun kemampuan interpersonal masing-masing peserta didik dalam jangka panjang terutama jika ditinjau dari gaya belajarnya sehingga proses pembelajaran terlaksana secara optimal.

Author Biographies

Nevi Yarni, Dosen/Staf Pengajar Prodi Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang

Dosen/Staf Pengajar Prodi Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang

Oskah Dakhi, Mahasiswa Prodi Pendidikan Teknologi Kejuruan, Universitas Negeri Padang

Mahasiswa Prodi Pendidikan Teknologi Kejuruan, Universitas Negeri Padang

References

Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Dakhi, O. “Aplikasi Pendeteksian Kerusakan File Akibat Virus Dengan Menggunakan Metode Heuristic.†Pelita Informatika Budi Darma, vol. 4, no. 1, pp. 35-41, 2013.

Dakhi, O. 2013. Belajar Javascript Dengan Mudah Dan Detail. Jakarta: Dapur Buku. pp. 1-202.

DePorter, Bobbi & Mike Hernacki. 2003. Quantum Learning. Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Penerbit Kaifa

DePorter, Bobbi. 2013. Quantum Learning. Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Penerbit Kaifa

Gunawan, Adi W. 2006. Genius Learning Strategi. Jakarta: Pustaka Utama.

Nasution, S. 2009. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara

Sarumaha, R., Harefa, D., & Zagoto, Maria M. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Geometri Transformasi Refleksi Siswa Kelas XII-IPA-B SMA Kampus Telukdalam Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Kertas Milimeter. Jurnal Education and development, Vol.6 No.1, 90-96. https://doi.org/10.37081/ed.v6i1.668

Sugihartono., Fathiyah, K. N, Harahap, F., Setiawati, F. A., & Nurhayati, S. R. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Santrock, John W. 2008. Psikologi Pendidikan. Alih bahasa Tri Wibowo B.S., Jakarta: Kencana.

Winkel.WS 2005. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Zagoto, Maria M. & Dakhi, O (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Peminatan Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 157-170.

Zagoto, Maria M. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematic Educations Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar, Jurnal Education And Development, vol. 3, no. 1, p. 53, Feb. 2018. https://doi.org/10.37081/ed.v3i1.139

Downloads

Published

2019-12-28

How to Cite

Zagoto, M. M., Yarni, N., & Dakhi, O. (2019). PERBEDAAN INDIVIDU DARI GAYA BELAJARNYA SERTA IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 2(2), 259–265. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.481

Most read articles by the same author(s)