TEORI BELAJAR BERDASARKAN ALIRAN PSIKOLOGI HUMANISTIK DAN IMPLIKASI PADA PROSES BELAJAR PEMBELAJARAN

Authors

  • Mona Ekawati Mahasiswa Prodi Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Nevi Yarni Dosen/Staf pengajar Prodi Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.482

Keywords:

Psikologi, Humanistik

Abstract

Pada psikologi humanistik pendidik sebagai fasilitator. Pendidik humanistik diharapkan menjadi pendidik manusiawi sehingga pendidik bisa mengarahkan peserta didik untuk meningkatkan potensi dirinya. pendidik akan melaksanakan pembelajaran dan peserta didik belajar dari pengalaman mereka sendiri. Pendidik membimbing siswa dengan tidak membebani peserta didik dalam pembelajaran tetapi menanamkan nilai-nilai atau perilaku positif dan perilaku negatif. Teori humanistik bertujuan memanusiakan manusia seutuhnya yang kaffah sebagai makhluk ciptaan Allah SWT. Tujuan penulisan jurnal ini adalah untuk membahas teori belajar berdasarkan aliran psikologi humanistik dan implikasi pada proses belajar pembelajaran. Mengolah informasi dari ransangan fisik seperti cahaya, panas, tekanan udara, serta suara ditangkap dapat diserap secara cepat dalam system indera jangka pendek. informasi akan simpan di short time memory dalam sistem kerja otak manusia. dan menjadi long time memory jika informasi ini terus diberikan secara berulang

References

Dakhi, O. “Aplikasi Pendeteksian Kerusakan File Akibat Virus Dengan Menggunakan Metode Heuristic.†Pelita Informatika Budi Darma, vol. 4, no. 1, pp. 35-41, 2013.

Dakhi, O. 2013. Belajar Javascript Dengan Mudah Dan Detail. Jakarta: Dapur Buku. pp. 1-202.

Khairani, Makmun. 2014. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Ormrod, Jeanne Ellis. 2008. Psikologi Pendidikan. Alih bahasa Amitya Kumara. Jakarta: Erlangga.

Rachmana, Ratna, 2018. Psikologi Humanistik dan Aplikasinya dalam Pendidikan, https://socius.ppj.unp.ac.id/index.php/socius,Vol.7,No.3 hal .19-26

Sarumaha, R., Harefa, D., & Zagoto, Maria M. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Geometri Transformasi Refleksi Siswa Kelas XII-IPA-B SMA Kampus Telukdalam Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Kertas Milimeter. Jurnal Education and development, Vol.6 No.1, 90-96. https://doi.org/10.37081/ed.v6i1.668

Santrock, John W. 2008. Psikologi Pendidikan. Alih bahasa Tri Wibowo B.S., Jakarta: Kencana.

Slavin, Robert E. 2008. Educational Psycology : Theory and Practice. Alih bahasa Marianto Samosir. Jakarta: PT. Indeks.

Suryabrata, Sumadi. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Zagoto, Maria M., Yarni, Nevi; Dakhi, O. (2019). Perbedaan Individu dari Gaya Belajarnya Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 259-265.

Zagoto, Maria M. & Dakhi, O (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Peminatan Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 157-170.

Zagoto, Maria M. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematic Educations Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar, Jurnal Education And Development, vol. 3, no. 1, p. 53, Feb. 2018. https://doi.org/10.37081/ed.v3i1.139

Downloads

Published

2019-12-28

How to Cite

Ekawati, M., & Yarni, N. (2019). TEORI BELAJAR BERDASARKAN ALIRAN PSIKOLOGI HUMANISTIK DAN IMPLIKASI PADA PROSES BELAJAR PEMBELAJARAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 2(2), 266–269. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.482