IMPLEMENTASI EKSTRAKURIKULER SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER (SURVEI DI SMK NEGERI 26 JAKARTA)

Authors

  • Rahmadania Rahmadania Universitas Islam Jakarta
  • Kunaenih Kunaenih Universitas Islam Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.47713

Keywords:

Keputrian, Pembentukan Karakter, Pendidikan Keagamaan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi program Keputrian sebagai bagian dari kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dan perannya dalam pembentukan karakter siswi di SMK Negeri 26 Jakarta. Program Keputrian di sekolah ini dirancang sebagai ruang pembinaan spiritual dan sosial yang menyasar siswi melalui berbagai kegiatan seperti kajian keislaman, diskusi tematik, pelatihan kepemimpinan, serta kegiatan berbasis nilai moral dan etika. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Keputrian berperan penting dalam menanamkan nilai-nilai seperti tanggung jawab, empati, sopan santun, dan kedisiplinan. Meskipun demikian, efektivitas program masih dipengaruhi oleh tantangan seperti keterbatasan fasilitas, kurangnya koordinasi lintas unit sekolah, serta motivasi peserta yang bervariasi. Peran pembina, dukungan sekolah, dan metode pembelajaran interaktif menjadi faktor pendukung keberhasilan program. Kesimpulannya, Keputrian merupakan strategi potensial dalam membentuk karakter remaja perempuan secara holistik, namun memerlukan penguatan sistemik dan evaluasi berkelanjutan agar lebih adaptif dan berdaya guna.

References

Alifia, S., Putri, F., Nusantara, U., & Kediri, P. (2025). Peran Strategis Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Moral Pelajar.

Amorita, D., Nengsih, J., & Hendriyani, P. (2025). Pengelolaan Kegiatan Keputrian Hari Jum’at Dalam Meningkatkan Pemahaman Fiqih Perempuan SMP Negeri 1 Jalancagak. In Jurnal Studi Multidisipliner (Vol. 9, Issue 1).

Anis Faristin, V., & Saptadi Ismanto, H. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa SMA Factors Influencing High School Students’ Learning Motivation. In PGRI Semarang; Jl. Sidodadi Timur No (Vol. 24, Issue 024).

Annisa, M. N., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peran Ekstrakurikuler dalam Meningkatkan Karakter Kewarganegaraan Siswa di Sekolah.

Ariska Pebiyanti, L., & Mardiana, D. (2023). Fitrah: Journal of Islamic Education Implementasi Program Keputrian Dalam Membentuk Akhlak Perempuan Salihah. http://jurnal.staisumatera-medan.ac.id/fitrah

Atika, N. T., Wakhuyudin, H., & Fajriyah, K. (2019). Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Membentuk Karakter Cinta Tanah Air. In Jurnal Mimbar Ilmu (Vol. 24, Issue 1).

Dahliyana, A. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah (Vol. 15, Issue 1).

Fahkroh Zulfi Maisyaroh, M. (2023). Pendidikan Karakter Siswa Dalam Pelajaran IPA Abad 21.

Farida, S. (2016). Pendidikan Karakter Dalam Prespektif Islam (Vol. 1, Issue 1).

Gowasa, H., Tampubolon, H., & Simbolon, B. R. (2024). Analisis Dampak Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Moral Anak. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i2.6441

Indry Antika, K., Miftahul Khairi, A., & Raden Mas Said Surakarta, U. (2024). Bimbingan Program Keputrian dalam Membentuk Religiusitas pada Disabilitas NetraDisabilitas Netra. In JUANG: Jurnal Wahana Konseling (Vol. 7, Issue 1).

Intan Oktaviani Agustina, Juliantika Juliantika, Selly Ade Saputri, & Syahla Rizkia Putri N. (2023). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Pembinaan Dan Pengembangan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1, 86–96. https://doi.org/10.55606/jubpi.v1i4.2001

Intan Pratiwi, S., Kristen Satya Wacana, U., Salatiga, K., & Tengah, J. (2020). Pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Karakter Disiplin Siswa SD. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index

Kamilatun, & Musdat, I. (2021). Chalim Journal of Teaching and Learning e-ISSN: On Process Volume Penguatan Life Skill Santri Melalui Program Keputrian di Pesantren. https://doi.org/10.31538

Khairunnisa, A. (2024). Implementasi Program Keputrian dalam Meningkatkan Pemahaman Fiqih Wanita di SMP Uluwwul Himmah. https://doi.org/10.47476/reslaj.v6i8.4815

Kholifah, S., Nasution, S. A., & Bisri, H. (2016). Pendidikan Keputrian Dalam Pembentukan Kepribadian Muslimah Yang Terampil Woman Skill Educatioan In Building Character Of Muslimah (Vol. 5, Issue 1).

Lay, S., Rosmaulina Marbun, M., Kanisius Ndoa, P., Stp, D., & Mandala, I. (2025). Pengembangan Model Kegiatan Ekstrakurikuler Untuk Meningkatkan Prestasi Non-Akademik Siswa di Sekolah Menengah Pertama. In Didaktika: Jurnal Kependidikan (Vol. 14, Issue 1). https://jurnaldidaktika.org

Mainuddin, M., Tobroni, T., & Nurhakim, Moh. (2023). Pemikiran Pendidikan Karakter Al-Ghazali, Lawrence Kolberg dan Thomas Lickona. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i2.563

Marlina, Y. A., Herlambang, Y. T., & Muhtar, T. (2025). Urgensi Pendidikan Karakter Berbasis Pedagogik Profetik: Sebuah Pendekatan dalam Menanggulangi Krisis Moral Siswa. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1424

Maulana Andini, D., Hasanah, N., & Aulia, S. (2023). Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Akhlak dan Moral Anak. https://maryamsejahtera.com/index.php/Religion/index

Munjiatun, M. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter: Antara Paradigma dan Pendekatan. https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.1924

Musyarofah, F. S. K. (2024). Pengaruh Kegiatan Keagamaan Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik Studi Survei Di SMK Bina Pangudi Luhur.

Ningsih, T. (2019). Peran Pendidikan Islam Dalam Membentuk Karakter Siswi Di Era Revolusi Industri 4.0 Pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Banyumas.

Novianti, sarah. (2023). Keterlibatan Siswi (Student Engagement) dalam Kegiatan Program Keputrian Korelasinya dengan Akhlak Siswi di SMA Negeri 5 Kota Bogor. https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.4164

Nur Islami, A., Husnaeni, A., Siti Faridah, E., Arahman, Y., Al-Hamidiyah Jakarta, S., & Al-Hamidiyah Jakarta, S. (2024). Penanaman Nilai-nilai Agama Islam Melalui Keputrian Di SDIT Al-Hamidiyah Depok. In Jurnal of Islamic Education in Asia (Vol. 1, Issue 2).

Nurazizah, A., Rukajat, A., & Ramdhani, K. (2022). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Era Milenial. https://doi.org/10.31604/ptk.v5i3.361-372

Nurlatifah, N., Halim, A., & Sumianti, S. (2024a). Meningkatkan Karakter Siswi Muslimah melalui Program Keputrian pada Pembelajaran PAI di SMK IT Darurahman 01 Boarding School Batam. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(3), 1186–1196. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i3.718

Nurlatifah, N., Halim, A., & Sumianti, S. (2024b). Meningkatkan Karakter Siswi Muslimah melalui Program Keputrian pada Pembelajaran PAI di SMK IT Darurahman 01 Boarding School Batam. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i3.718

Puspitasari, N., Relistian, L. R., Yusuf, R., Pendidikan Agama Islam, P., & Lubuklinggau, S. (2022). Peran Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik.

Rosidi, A. (2022). Manajemen Pendidikan Dalam Kebijakan Ekstrakurikuler Di Sekolah Dan Madrasah.

Sabar Budi Raharjo. (2010). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia.

Salsa Dila, D., Sulistiono, M., Al Anshori, T., Islam, P. A., & Islam, A. (2024). Internalisasi Karakter Religius Pada Siswi Melalui Program Keputrian Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Malang.

Salsabilah, A. S., Dewi, D. A., Furnamasari, Y. F., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2021). Peran Guru Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter (Vol. 5).

Salsabilah, H., Faridi, F., & Mardiana, D. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam Melalui Forum Keputrian: Studi di Madrasah Aliyah Bilingual Batu. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1662

Saryono, H. S. I. L. H. (2024). Konsep Dasar Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa.

Sholehah, S. (2022). Unsur-unsur Pendidikan Karakter Dalam PAI Dan Implikasinya Terhadap Sikap Dan Perilaku Agama Siswa. In Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial (JIPSI) (Vol. 1, Issue 1).

Sintia Putri Pangestu, M. S. N. I. (2024). Pengaruh Pembelajaran Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik Survey Di SMK Negeri 26 Jakarta.

Sri Wening. (2012). Pembentukan Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Nilai.

Sudrajat, A. (2021). Mengapa Pendidikan Karakter?

Sukmiati Sumatri, T. (2021). Paradigma Nilai Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Al-Qur’an. In Jurnal An-Nur (Vol. 10, Issue 2).

Supiana, S., Hermawan, A. H., & Wahyuni, A. (2019a). C. https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.5526

Supiana, S., Hermawan, A. H., & Wahyuni, A. (2019b). Manajemen Peningkatan Karakter Disiplin Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.5526

Yanti, N., Adawiah, R., & Matnuh, H. (2016). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Rangka Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Siswa Utuk Menjadi Warga Negara Yang Baik Di SMA Kopri Banjarmasin. In Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan (Vol. 6, Issue 11).

Downloads

Published

2025-06-28

How to Cite

Rahmadania, R., & Kunaenih, K. (2025). IMPLEMENTASI EKSTRAKURIKULER SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER (SURVEI DI SMK NEGERI 26 JAKARTA). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 6350–6355. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.47713

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)