ANALISIS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA DI MAN 1 MEDAN

Authors

  • Vira Yunita Universitas Islam Sumatera Utara
  • Hadiani Fitri Universitas Islam Sumatera Utara
  • Pulung Sumantri Universitas Islam Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.47458

Keywords:

Metode Diskusi, Berpikir Kritis, Pembelajaran Sejarah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui proses perencanaan pembelajaran menggunakan metode diskusi dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di MAN 1 Medan, (2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode diskusi pada materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di MAN 1 Medan, (3) Mengetahui hasil pencapaian siswa setelah diterapkannya metode diskusi pada materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di MAN 1 Medan.Metode yang digunakan pada penelitian ini pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Data dan sumber data terdiri dari guru sejarah dan siswa, proses pembelajaran, dokumentasi seperti RPP atau Modul pembelajaran, dan media pembelajaran serta fasilitas lainnya yang mendukung penelitian. Mengelola data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Analisis data menggunakan model analisis trigulasi yang dilaksanakan melalui tiga tahapan, yakni : reduksi data, penyajian data, dan menarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Proses perencanaan pembelajaran yang matang dan sistematis memudahkan pelaksanaan metode diskusi secara efektif, sehingga aktivitas belajar siswa MAN 1 Medan menjadi lebih interaktif dan produktif. (2) Dukungan faktor internal dan eksternal seperti antusiasme siswa, kesiapan guru, serta fasilitas mendukung proses belajar diskusi berjalan baik, meskipun beberapa hambatan seperti kurang disiplin dan keterbatasan media pembelajaran. (3) Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses diskusi dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa, memperdalam pemahaman mereka terhadap materi sejarah, dan mendorong kolaborasi antar siswa dalam memahami materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

References

Arliani, Y. (2021). Korelasi Antara Sikap Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fisika. Schrödinger: Journal Of Physics Education. Https://Doi.Org/10.37251/Sjpe.V2i3.471

Aswan, M., Azis, E., & Sahiruddin. (2024). Pengaruh Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Kelas Xi Ips Upt Sma Negeri 18 Bone. Begibung: Jurnal Penelitian Multidisiplin. Https://Doi.Org/10.62667/Begibung.V2i3.102

Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Komariah, & Rosdiana, S. P. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran. Https://Doi.Org/10.58812/Spp.V1i02.110

Kuntari, S. (2023). Pemanfaatan Media Digital Dalam Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Iaim Sinjai, 2, 90–94.

Moma, L., & Moma, L. (2017). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Melalui Metode Diskusi. Https://Doi.Org/10.21831/Cp.V36i1.10402

Nugraha, M. A. (2024). Pemanfaatan Media Digital Untuk Pembelajaran Kreatif. Karimah Tauhid, 3(11), 12420–12427.

Wulandari, D. (2022). Metode Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar. Aksioma Ad-Diniyah. Https://Doi.Org/10.55171/Jad.V10i1.690

Yuniarti, A., Titin, T., Safarini, F., Rahmadia, I., & Putri, S. (2023). Media Konvensional Dan Media Digital Dalam Pembelajaran. Jutech: Journal Education And Technology, 4(2), 84–95.

Downloads

Published

2025-06-18

How to Cite

Yunita, V., Fitri , H., & Sumantri, P. (2025). ANALISIS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA DI MAN 1 MEDAN . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 6090–6095. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.47458

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.