UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGELOLA EMOSI MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS X SMA N 1 MEJOBO
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44905Keywords:
Pengelolaan Emosi, Bimbingan Kelompok, Teknik Problem Solving, Kecerdasan EmosionalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengelola emosi siswa melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving. Kecerdasan emosional merupakan faktor penting dalam keberhasilan akademik dan adaptasi sosial siswa, namun kenyataannya masih banyak siswa yang kesulitan dalam mengenali dan mengelola emosinya dengan tepat. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK) yang melibatkan delapan siswa kelas X-2 SMA N 1 Mejobo Kudus dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara yang dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kemampuan mengelola emosi siswa. Rata-rata skor meningkat dari kategori "rendah" pada pra siklus, menjadi "sedang" setelah siklus I, dan mencapai "tinggi" pada siklus II. Temuan ini memperkuat pentingnya layanan bimbingan kelompok berbasis teknik problem solving dalam mengembangkan kemampuan mengelola emosional siswa secara efektif dan berkelanjutan.References
Corey, G. (2013). Theory and practice of group counseling (8th ed.). Belmont, CA: Brooks/Cole.
Creswell, J. W. (2014). Penelitian Kualitatif & Desain Riset: Memilih di antara Lima Pendekatan (Edisi ke-3, diterjemahkan oleh Ahmad Lintang Lazuardi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Fahriza Amalia, & Heri Saptadi Ismanto. (2023). Efektivitas teknik problem solving dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 10(1), 45–56.
Goleman, D. (2015). Kecerdasan Emosional: Mengapa EI Lebih Penting daripada IQ (Edisi revisi, diterjemahkan oleh T. Hermaya). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Purnama Shella, A., et al. (2018). Pengembangan kecerdasan emosional melalui layanan bimbingan kelompok. Jurnal Konseling Gusjigang, 4(1), 65-72.
Suryadi, T., & Dewi, P. (2020). Hubungan kecerdasan emosional dengan prestasi akademik siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling, 6(2), 115–123.
Walgito, B. (2010). Bimbingan dan konseling kelompok. Yogyakarta: Andi Publisher.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yasmin Qurrotu Aini, Sumarwiyah Sumarwiyah, Susilo Adi Pratomo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




