MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS X MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ASSERTIVE TRAINING DI SMA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44904Keywords:
Assertive Training, Bimbingan Kelompok, Kepercayaan Diri, Siswa, Teknik AsertifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas X melalui bimbingan kelompok dengan teknik assertive training di SMA N 1 Mejobo. Teknik assertive training diterapkan untuk membantu siswa mengungkapkan pendapat secara tegas, menanggapi kritik dengan positif, dan menolak permintaan dengan sopan namun tegas. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK) dengan pendekatan kualitatif, yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah perlakuan, sebagian besar siswa mengalami peningkatan yang signifikan dalam kepercayaan diri, yang tercermin dalam peningkatan skor posttest. Selain itu, siswa juga mulai lebih aktif dalam diskusi kelompok, lebih tegas dalam mengungkapkan pendapat, serta lebih mampu menanggapi kritik secara positif. Simpulan penelitian ini adalah bahwa assertive training dalam bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dan dapat diterapkan sebagai bagian dari layanan bimbingan konseling di sekolah.References
Agustian, Yudi. (2021). Pengaruh Pola Asuh Autoritatif terhadap Kepercayaan Diri Siswa SMA. Jurnal Psikologi Pendidikan, 19(2), 67-75.
Fatimah, A., Rahmawati, L., & Mahmud, S. (2023). Pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik assertive training terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa SMA. Jurnal Psikologi Pendidikan, 19(3), 45-59.
Fitriani, L., & Widodo, S. (2020). Penerapan Assertive Training dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SMA. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 101–106.
Ghufron, M. N., & Risnawita, E. (2012). Psikologi Remaja: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Latipun, I. (2008). Assertive Training untuk Pengembangan Pribadi Siswa. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 12(3), 110-119.
Lie, E. (2008). Kepercayaan Diri dalam Perspektif Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Marwati, D. (2016). Kepercayaan Diri: Konsep dan Pengembangannya dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Psikologi Pendidikan, 25(2), 45-56.
Nasution, M. F., & Siregar, R. (2024). Pengaruh teknik assertive training terhadap komunikasi interpersonal siswa MTsN 1 Medan. Jurnal Konseling dan Pengembangan, 8(1), 200–214.
Pranata, D. (2019). Peningkatan Kepercayaan Diri melalui Konseling Kelompok dengan Teknik Self Management pada Siswa SMP. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 17(4), 143-150.
Prayitno, H. (2009). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Purnamasari, M., & Suhertina, L. (2022). Efektivitas teknik assertive training dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa SMK. Jurnal Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 11(2), 88-94.
Puspitasari, A. (2021). Pengaruh Konseling Behavioral dengan Teknik Modeling terhadap Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa SMA. Jurnal Psikologi Pendidikan, 12(3), 201-214.
Rahmawati, L. (2008). Pengaruh Pelatihan Asertif terhadap Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa Sekolah Menengah. Jurnal Psikologi Pendidikan, 14(4), 115-130.
Sandhita, A. (2022). Efektivitas Teknik Assertive Training dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 10(1), 15-25.
Winkel, W. S., & Hastuti, U. (2004). Bimbingan dan Konseling: Pengantar dan Aplikasinya. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Yudi, A. (2021). Pengaruh Pola Asuh Autoritatif terhadap Kepercayaan Diri Siswa SMA. Jurnal Psikologi Pendidikan, 19(2), 67-75.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yani Rahma Pebriyanti, Sumarwiyah Sumarwiyah, Susilo Adi Pratomo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




