UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGELOLA EMOSI MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS X SMA N 1 MEJOBO

Authors

  • Yasmin Qurrotu Aini Universitas Muria Kudus
  • Sumarwiyah Sumarwiyah Universitas Muria Kudus
  • Susilo Adi Pratomo SMA Negeri 1 Mejobo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44905

Keywords:

Pengelolaan Emosi, Bimbingan Kelompok, Teknik Problem Solving, Kecerdasan Emosional

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengelola emosi siswa melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving. Kecerdasan emosional merupakan faktor penting dalam keberhasilan akademik dan adaptasi sosial siswa, namun kenyataannya masih banyak siswa yang kesulitan dalam mengenali dan mengelola emosinya dengan tepat. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK) yang melibatkan delapan siswa kelas X-2 SMA N 1 Mejobo Kudus dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara yang dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kemampuan mengelola emosi siswa. Rata-rata skor meningkat dari kategori "rendah" pada pra siklus, menjadi "sedang" setelah siklus I, dan mencapai "tinggi" pada siklus II. Temuan ini memperkuat pentingnya layanan bimbingan kelompok berbasis teknik problem solving dalam mengembangkan kemampuan mengelola emosional siswa secara efektif dan berkelanjutan.

References

Corey, G. (2013). Theory and practice of group counseling (8th ed.). Belmont, CA: Brooks/Cole.

Creswell, J. W. (2014). Penelitian Kualitatif & Desain Riset: Memilih di antara Lima Pendekatan (Edisi ke-3, diterjemahkan oleh Ahmad Lintang Lazuardi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Fahriza Amalia, & Heri Saptadi Ismanto. (2023). Efektivitas teknik problem solving dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 10(1), 45–56.

Goleman, D. (2015). Kecerdasan Emosional: Mengapa EI Lebih Penting daripada IQ (Edisi revisi, diterjemahkan oleh T. Hermaya). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Purnama Shella, A., et al. (2018). Pengembangan kecerdasan emosional melalui layanan bimbingan kelompok. Jurnal Konseling Gusjigang, 4(1), 65-72.

Suryadi, T., & Dewi, P. (2020). Hubungan kecerdasan emosional dengan prestasi akademik siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling, 6(2), 115–123.

Walgito, B. (2010). Bimbingan dan konseling kelompok. Yogyakarta: Andi Publisher.

Downloads

Published

2025-04-25

How to Cite

Aini, Y. Q., Sumarwiyah, S., & Pratomo, S. A. (2025). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGELOLA EMOSI MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS X SMA N 1 MEJOBO. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 4724–4731. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44905

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.