VALIDITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI

Authors

  • Anisa Saskia Ibrahim Universitas Negeri Gorontalo
  • Frida Maryati Yusuf Universitas Negeri Gorontalo
  • Ilyas H. Husain Universitas Negeri Gorontalo
  • Hartono D. Mamu Universitas Negeri Gorontalo
  • Abubakar Sidik Katili Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44587

Keywords:

Perangkat pembelajaran, Problem Based Learning (PBL), Keanekaragaman hayati

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui validitas perangkat pembelajaran berbasis model Problem Based Learning pada materi keanekaragaman hayati. Perangkat pembelajaran yang dirancang meliputi modul ajar dan LKPD. Data yang dikumpulkan melalui penilaian terhadap modul ajar dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) kemudian dianalisis menggunakan skala Likert. Hasil validasi menunjukkan bahwa modul ajar memperoleh rata-rata skor 93,33% dan LKPD memperoleh skor 86,89% dari validator pertama, serta modul ajar mendapatkan skor 89,17% dan LKPD 80% dari validator kedua. Dari perspektif praktisi, validasi menunjukkan modul ajar dengan skor 80% dan LKPD 86%. Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan termasuk dalam kategori valid hingga sangat valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

References

Athiyah, U. (2018). Pengembangan media pembelajaran biologi semester II kelas X SMA berbasis lectora inspire. Jurnal Nalar Pendidikan, 6(1), 41–46.

Auliah, F. N., Febriyanti, N., & Rustini, T. (2023). Analisis Hambatan Guru dalam Penerapan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran IPS Kelas IV di SDN 090 Cibiru Bandung. Journal on Education, 5(2), 2025–2033. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.846

Destiranda, E. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Keanekaragaman Hayati melalui Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching Kelas X SMAN 12 Pekanbaru. Proceeding Biology Education Conference, 20(1), 61–64.

Dwi Septiani, B., & Okmarisa, H. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Construct 2 Dengan Pendekatan Scaffolding Pada Materi Laju Reaksi. Journal of Research and Education Chemistry, 5(1), 12. https://doi.org/10.25299/jrec.2023.vol5(1).12548

Gumay, O. P. U., Ariani, T., & Putri, G. A. (2020). Development of Physics Modules Based on Inquiry in Business and Energy Subjects. Kasuari: Physics Education Journal (KPEJ), 3(1), 46-60.

Hikmiyah, L. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pjbl Berbantuan Minitab Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Pada Siswa SMP. MATHEdunesa, 10(3), 514–522. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v10n3.p514-522

Junaedi Ifan. (2019). Proses Pembelajaran Yang Efektif. Jisamar, VOL. 3 NO. 2(2), 19–25.

Juniantari, M. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Pendidikan Karakter Dengan Model Treffinger Bagi Siswa Sma. Journal of Education Technology, 1(2), 71. https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11742

Puspitasari, W. D., & Febrinita, F. (2021). Pengujian Validasi Isi (Content Validity) Angket Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring Matakuliah Matematika Komputasi. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 4(1), 77–90. https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i1.3254

Susanti, N., & Azhar, Y. (2020). Journal of Educational Sciences. Development of Contextual Based Electronic Global Warming Modules Using Flipbook Applications as Physics Learning Media in High Schools, 4(3), 541–559.

Toni Nasution, S.Pd.I, M. P. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Karakter Siswa. Ijtimaiyah Jurnal Ilmu Sosial Dan Budaya, 53(9), 1689–1699.

Tri Utami Widayati, B. A. P. J. A. (2015). Perbedaan Kemampuan Memecahkan Masalah Dan RetensiMenggunakan Model Pbl (Problem Based Learning) DanCeramah Bervariasi Pada Materi Keanekaragaman HayatiIndonesia Siswa Kelas X Mia Sma Negeri 2 SurakartaTahun Pelajaran 2014/2015. Bio-Pedagogi, 4(April), 53–58.

Ulfa, M., & Saifuddin. (2018). Terampil Memilih Dan Menggunakan Metode Pembelajaran. Suhuf, 30, 35–56. https://r.search.yahoo.com/_ylt=Awr1QbhxdwpkzDIAWfDLQwx.;_ylu=Y29sbwNzZzMEcG9zAzEEdnRpZAMEc2VjA3Ny/RV=2/RE=1678436337/RO=10/RU=https%3A%2F%2Fjournals.ums.ac.id%2Findex.php%2Fsuhuf%2Farticle%2Fdownload%2F6721%2F4066/RK=2/RS=HZL9IIqfERa8J__i5dlmiKx0ieg-

Downloads

Published

2025-04-18

How to Cite

Ibrahim, A. S., Yusuf, F. M., Husain, I. H., Mamu, H. D., & Katili, A. S. (2025). VALIDITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 4263–4270. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44587

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)