PEMBELAJARAN INKLUSI : PERSPEKTIF SISWA, GURU, DAN ORANG TUA DALAM MEWUJUDKAN SEKOLAH YANG RAMAH BAGI SEMUA DI SD 111 BOTTO, TAKKALALLA KABUPATEN WAJO
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44586Keywords:
Pendidikan Inklusi, Pembelajaran Inklusi, Siswa Berkebutuhan Khusus, Peran Guru, Partisipasi Orang Tua.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan pendidikan inklusi di SD 111 Botto, Takkalalla, Kabupaten Wajo, dengan menelaah perspektif siswa, guru, dan orang tua dalam membangun lingkungan sekolah yang inklusif. Pendidikan inklusi merupakan pendekatan yang menekankan pentingnya keberagaman, kesetaraan, dan partisipasi semua siswa, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik observasi kelas dan wawancara mendalam terhadap siswa, guru, dan orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun sekolah menghadapi tantangan seperti keterbatasan guru pelatihan, kurangnya fasilitas, dan beragamnya kemampuan belajar siswa, komitmen untuk mengimplementasikan pendidikan inklusi tetap tinggi. Guru berupaya menerapkan pembelajaran inklusi melalui strategi adaptif seperti penggunaan media visual, alat peraga, dan pendekatan diferensiasi. Siswa menunjukkan respon positif terhadap lingkungan inklusif, sementara orang tua mendukung program ini dengan harapan adanya peningkatan fasilitas dan kompetensi guru. Penelitian ini merekomendasikan pelatihan berkelanjutan bagi guru, penyediaan sumber daya yang sesuai, serta kolaborasi erat antara sekolah dan orang tua. Temuan ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi sekolah-sekolah lain yang ingin mengembangkan pendidikan inklusi, khususnya di daerah dengan keterbatasan sumber daya.References
Bahri, S. (2022). Manajemen Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 94-100.
Kurniawan, N. A., & Aiman, U. (2020, October). Paradigma Pendidikan Inklusi Era Society 5.0. In Prosiding Seminar Dan Diskusi Pendidikan Dasar.
Meka, M., Dhoka, F. A., Poang, F., Dhey, K. A., & Lajo, M. Y. (2023). Pendidikan inklusi sebagai upaya mengatasi permasalahan sosial bagi anak berkebutuhan khusus. Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti, 1(1), 20-30.
Muhibbin, M. A., & Hendriani, W. (2021). Tantangan dan strategi pendidikan inklusi di perguruan tinggi di Indonesia: literature review. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 4(2), 92-102.
Munajah, R., Marini, A., & Sumantri, M. S. (2021). Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1183-1190.
Musyafira, I. D., & Hendriani, W. (2021). Sikap guru dalam mendukung keberhasilan pendidikan inklusi. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(1), 75-85.
Ningrum, N. A. (2022). Strategi pembelajaran pada anak berkebutuhan khusus dalam pendidikan inklusi. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 3(2), 181-196.
Rusmono, D. O. (2020). Optimalisasi pendidikan inklusi di sekolah: literature review. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 209-217.
Susilowati, T., Trisnamansyah, S., & Syaodih, C. (2022). Manajemen Pendidikan Inklusi dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 920-928.
Wijaya, S., & Supena, A. (2023). Implementasi Program Pendidikan Inklusi Pada Sekolah Dasar di Kota Serang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 347-357.
Yuwono, I., & Mirnawati, M. (2021). Strategi pembelajaran kreatif dalam pendidikan inklusi di jenjang sekolah dasar. Jurnal basicedu, 5(4), 2015-2020.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurwidyayanti Nurwidyayanti, Burhan Burhan, Achmad Fajar Muhammad, A. Rizal, Andi Irwandi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




