EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA SD INPRES PA’BAENG-BAENG KOTA MAKASSAR

Authors

  • Andi Irwandi Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28387

Keywords:

Metode Pembelajaran, Permainan, Keterampilan Sosial.

Abstract

Penelitian ini bertujuan menginvestigasi efektivitas metode pembelajaran berbasis permainan dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa di SD Inpres Pa'baeng-baeng, Kota Makassar. Desain penelitian adalah eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Partisipan terdiri dari 60 siswa kelas 4 dan 5 yang dipilih secara acak, dibagi menjadi kelompok eksperimen (30 siswa) dan kelompok kontrol (30 siswa). Kelompok eksperimen menerima intervensi selama 8 minggu menggunakan metode pembelajaran berbasis permainan, sementara kelompok kontrol mengikuti metode pengajaran konvensional. Evaluasi pra-tes dan pasca-tes dilakukan untuk mengukur keterampilan sosial, serta data kualitatif dikumpulkan melalui observasi dan wawancara dengan guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis permainan efektif dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa. Data menunjukkan (1) pada kelompok eksperimen, hasil uji t menunjukkan t(29) = 8,67, p < 0,001, yang berarti terdapat peningkatan signifikan dalam keterampilan sosial siswa setelah mengikuti metode pembelajaran berbasis permainan; (2) pada kelompok kontrol, hasil uji t menunjukkan t(29) = 1,45, p = 0,15, yang berarti tidak ada peningkatan signifikan dalam keterampilan sosial siswa yang mengikuti metode pembelajaran konvensional; (3) perbandingan antara kelompok eksperimen dan kontrol menunjukkan hasil uji t dengan t(58) = 6,94, p < 0,001, yang berarti terdapat perbedaan signifikan dalam keterampilan sosial antara kedua kelompok setelah intervensi. Studi ini menekankan pentingnya mengintegrasikan metode pembelajaran inovatif ke dalam kurikulum untuk mempromosikan perkembangan holistik siswa.

References

Abidah, F. H. F., & Sari, A. D. I. (2023). MENGINTEGRASIKAN PERMAINAN TRADISIONAL ULAR TANGGA DALAM PEMBELAJARAN METAMORFOSIS DI SEKOLAH DASAR. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 2(3), 41-50.

Agusniatih, A., & Manopa, J. M. (2019). Keterampilan sosial anak usia dini: teori dan metode pengembangan. Edu Publisher.

Asmara, A., Judijanto, L., Hita, I. P. A. D., & Saddhono, K. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi: Apakah Memiliki Pengaruh terhadap Peningkatan Kreativitas pada Anak Usia Dini?. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7253-7261.

Hamzah, N. (2020). Pengembangan sosial anak usia dini. IAIN Pontianak Press.

Hermawan, I., & Pd, M. (2019). Metodologi penelitian pendidikan (kualitatif, kuantitatif dan mixed method). Hidayatul Quran.

Hoerudin, C. W. (2022). Implementasi Model Tipologi Interaksi untuk meningkatkan interaksi siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis online. Research and Development Journal of Education, 8(1), 242-255.

Safaringga, V., Lestari, W. D., & Aeni, A. N. (2022). Implementasi program kampus mengajar untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3514-3525.

Wardani, D. A. W. (2023). Problem based learning: membuka peluang kolaborasi dan pengembangan skill siswa. Jawa Dwipa, 4(1), 1-17.

Widodo, H. (2021). Pendidikan holistik berbasis budaya sekolah. Uad Press.

Yasin, M., Kelrey, F., Ghony, M. A., Syaiful, M., Karuru, P., Pertiwi, A., ... & Aryanti, N. (2023). MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF: Menerapkan Media Pembelajaran Kreatif untuk Menyongsong Pendidikan di Era Society 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Yasin, F. N. (2023). Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Budaya Lokal terhadap Keterampilan Sosial Siswa Sekolah Dasar. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 10(1), 366-380.).

Downloads

Published

2024-05-17

How to Cite

Irwandi, A. . (2024). EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA SD INPRES PA’BAENG-BAENG KOTA MAKASSAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 5796–5801. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28387