IMPLEMENTASI DISIPLIN POSITIF ANAK USIA DINI OLEH PENDIDIK DI RA AL WASHLIYAH ADIAN TOROP

Authors

  • Saniah Tanjung Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Rahayu Dwi Utami Universitas Pembangunan Panca Budi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44299

Keywords:

Pendidikan Anak Usia Dini, Kelompok Bermain, Disiplin Positif Anak

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana guru di Ra Al Washliyah Adian Torop menerapkan pembelajaran positif dalam pendidikan anak usia dini. Teknik tanya jawab subjektif digunakan untuk teknik ekspresif dalam penelitian ini. Pengujian bertujuan digunakan dalam penelitian ini. Di Ra Al Washliyah Adian Torop, objek penelitian juga dikenal sebagai 20 murid, dan subjek penelitian juga dikenal sebagai guru dan wali murid. Penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, observasi, dan pengumpulan data. Baik triangulasi sumber maupun teknik digunakan dalam prosedur untuk mengevaluasi keabsahan data. Miles dan Huberman adalah nama lain untuk analisis data yang digunakan untuk proses pengumpulan data, penyajian data, dan penyusunan kesimpulan. Temuan penelitian ini juga dikenal sebagai Implementasi Pembelajaran Positif, yang dimotivasi oleh penerapan pendekatan yang relevan dan logis, strategi Pembiasaan dan Model, dan penyusunan atau kontribusi terhadap RPPH. Aktivitas tersebut juga dikenal sebagai perilaku prososial, kesadaran diri, dan tanggung jawab

References

Ahmad Tafsir. (2014). Metodologi Pengajaran Agama Islam. In Paper Knowledge . Toward A Media History Of Documents.

Besari, A. (2022). Pendidikan Keluarga Sebagai Pendidikan Pertama Bagi Anak. Jurnal Paradigma, 13 (1).

Desiningrum, D. R. (2016). Psiokologi Anak Berkebutuuhan Khusus. Psikosain.

Faqih, I. (2018). Konsepsi Potensi Manusia. Jurnal Transpormasi: Jurnal Studi Agama Islam, 11(2).

Huliyah, M. (2016). Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini. As-Sibyan : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1 (1).

Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01). Https://Doi.Org/10. 29408/Goldenage.V2i01.739

Mardhiah, A., & Sulaiman, S. (2022). Pembentukan Perilaku Nilai-Nilai Pendidikan Islam Bagi Anak Sejak Dini Melalui Keluarga Yang Berkualitas. Serambi Tarbawi, 10(2). Https://Doi.Org/10.32672/Tarbawi.V10i2.4766

Rahmat, S. T. (2018). Filsafat Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1).

Rohimin, R. (2020). Reposisi Pendidikan Keluarga Bagi Anak Generasi Alfa. Nuansa, 12(2). Https://Doi.Org/10.29300/Nuansa.V12i2.2765

Rohmah, M. N. (2022). Strategi Guru Menstimulasi Motorik Halus Pada Pembelajaran Blended Learning Anak Kelompok B Di Tk Kusuma Mulia I Gadungan Kediri. Jurnal Riset Anak Usia Dini, 1(1). Https://Doi.Org/10. 18860/Jpaui. V1i1.1078

Saeful, A., Sri Ramdhayanti, D., & Tinggi Agama Islam Binamadani, S. (2020). Konsep Pemberdayaan Masyarakat Dalam Islam. Achmad Saeful Dan Sri Ramdhayanti Syar’ie, 3.

Setiardi, D. (2017). Keluarga Sebagai Sumber Pendidikan Karakter Bagi Anak. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 14(2). Https://Doi.Org/10.34001/Tarbawi. V14i2.619

Sunyigono. (2016). Metode Riset Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Syakban, I. (2019). Eksistensi Manusia Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Kajian Dan Pengembangan Umat, 2 (1).

Wiresti, R. D., & Na’imah, N. (2020). Aspek Perkembangan Anak : Urgensitas Ditinjau Dalam Paradigma Psikologi Perkembangan Anak. Aulad : Journal On Early Childhood, 3(1). Https://Doi.Org/10. 31004/Aulad.V3i1.53

Yakub, Y. (2018). Pengembangan Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(02), 165–174. Https://Doi. Org/10. 26618/Jtw.V3i02. 1601

Downloads

Published

2025-04-10

How to Cite

Tanjung, S., & Utami, R. D. (2025). IMPLEMENTASI DISIPLIN POSITIF ANAK USIA DINI OLEH PENDIDIK DI RA AL WASHLIYAH ADIAN TOROP. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 3882–3886. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44299

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.