IMPLEMENTASI DISIPLIN POSITIF ANAK USIA DINI OLEH PENDIDIK DI RA AL WASHLIYAH ADIAN TOROP
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44299Keywords:
Pendidikan Anak Usia Dini, Kelompok Bermain, Disiplin Positif AnakAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana guru di Ra Al Washliyah Adian Torop menerapkan pembelajaran positif dalam pendidikan anak usia dini. Teknik tanya jawab subjektif digunakan untuk teknik ekspresif dalam penelitian ini. Pengujian bertujuan digunakan dalam penelitian ini. Di Ra Al Washliyah Adian Torop, objek penelitian juga dikenal sebagai 20 murid, dan subjek penelitian juga dikenal sebagai guru dan wali murid. Penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, observasi, dan pengumpulan data. Baik triangulasi sumber maupun teknik digunakan dalam prosedur untuk mengevaluasi keabsahan data. Miles dan Huberman adalah nama lain untuk analisis data yang digunakan untuk proses pengumpulan data, penyajian data, dan penyusunan kesimpulan. Temuan penelitian ini juga dikenal sebagai Implementasi Pembelajaran Positif, yang dimotivasi oleh penerapan pendekatan yang relevan dan logis, strategi Pembiasaan dan Model, dan penyusunan atau kontribusi terhadap RPPH. Aktivitas tersebut juga dikenal sebagai perilaku prososial, kesadaran diri, dan tanggung jawabReferences
Ahmad Tafsir. (2014). Metodologi Pengajaran Agama Islam. In Paper Knowledge . Toward A Media History Of Documents.
Besari, A. (2022). Pendidikan Keluarga Sebagai Pendidikan Pertama Bagi Anak. Jurnal Paradigma, 13 (1).
Desiningrum, D. R. (2016). Psiokologi Anak Berkebutuuhan Khusus. Psikosain.
Faqih, I. (2018). Konsepsi Potensi Manusia. Jurnal Transpormasi: Jurnal Studi Agama Islam, 11(2).
Huliyah, M. (2016). Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini. As-Sibyan : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1 (1).
Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01). Https://Doi.Org/10. 29408/Goldenage.V2i01.739
Mardhiah, A., & Sulaiman, S. (2022). Pembentukan Perilaku Nilai-Nilai Pendidikan Islam Bagi Anak Sejak Dini Melalui Keluarga Yang Berkualitas. Serambi Tarbawi, 10(2). Https://Doi.Org/10.32672/Tarbawi.V10i2.4766
Rahmat, S. T. (2018). Filsafat Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1).
Rohimin, R. (2020). Reposisi Pendidikan Keluarga Bagi Anak Generasi Alfa. Nuansa, 12(2). Https://Doi.Org/10.29300/Nuansa.V12i2.2765
Rohmah, M. N. (2022). Strategi Guru Menstimulasi Motorik Halus Pada Pembelajaran Blended Learning Anak Kelompok B Di Tk Kusuma Mulia I Gadungan Kediri. Jurnal Riset Anak Usia Dini, 1(1). Https://Doi.Org/10. 18860/Jpaui. V1i1.1078
Saeful, A., Sri Ramdhayanti, D., & Tinggi Agama Islam Binamadani, S. (2020). Konsep Pemberdayaan Masyarakat Dalam Islam. Achmad Saeful Dan Sri Ramdhayanti Syar’ie, 3.
Setiardi, D. (2017). Keluarga Sebagai Sumber Pendidikan Karakter Bagi Anak. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 14(2). Https://Doi.Org/10.34001/Tarbawi. V14i2.619
Sunyigono. (2016). Metode Riset Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Syakban, I. (2019). Eksistensi Manusia Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Kajian Dan Pengembangan Umat, 2 (1).
Wiresti, R. D., & Na’imah, N. (2020). Aspek Perkembangan Anak : Urgensitas Ditinjau Dalam Paradigma Psikologi Perkembangan Anak. Aulad : Journal On Early Childhood, 3(1). Https://Doi.Org/10. 31004/Aulad.V3i1.53
Yakub, Y. (2018). Pengembangan Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(02), 165–174. Https://Doi. Org/10. 26618/Jtw.V3i02. 1601
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Saniah Tanjung, Rahayu Dwi Utami

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




