MENYIBAK TANTANGAN KURIKULUM MERDEKA: ANTARA HARAPAN DAN REALITA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44197Keywords:
Kurikulum Merdeka, Problematika, Implementasi, Sekolah Dasar, SolusiAbstract
Kurikulum Merdeka, yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, bertujuan untuk menciptakan generasi yang adaptif, kreatif, dan berdaya saing. Namun, implementasi kurikulum ini menghadapi berbagai tantangan, mulai dari kesiapan guru hingga keterbatasan infrastruktur. Penelitian ini berfokus pada salah satu sekolah dasar di Kota Makassar untuk mengeksplorasi problematika penerapan Kurikulum Merdeka di tingkat sekolah dasar. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan pelatihan guru dan peningkatan infrastruktur menjadi kunci keberhasilan implementasi Kurikulum Merdeka. Artikel ini juga menawarkan rekomendasi strategis untuk mengatasi hambatan tersebut.References
Arifin, Z. (2022). Kepemimpinan Transformasional dalam Implementasi Kurikulum Baru. Jurnal Pendidikan Indonesia, 11(2), 125–136.
Fadli, M.R. (2021). Memahami Desain Penelitian Kualitatif. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54
Kemendikbudristek. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Puspita, R., & Widiastuti, S. (2023). Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka di Indonesia: Sebuah Analisis. Jurnal Pendidikan Nusantara, 10(1), 15-28.
Pratiwi, D. (2023). Kompetensi Guru dalam Menghadapi Kurikulum Merdeka: Studi Kasus di Sekolah Menengah. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 15(2), 125-135.
Rahman, A., & Fadhilah, S. (2022). Tantangan dan Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(3), 215–228.
Sugiarto, A., & Santosa, B. (2023). Pembelajaran Berbasis Projek dalam Kurikulum Merdeka: Studi Kasus di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(1), 45–59.
Suryani, N., & Kurniawan, A. (2023). Kesiapan Peserta Didik dalam Menghadapi Kurikulum Merdeka: Perspektif Sekolah di Daerah Tertinggal. Jurnal Pendidikan Abad 21, 8(3), 45-58.
Widodo, T., & Jasmadi, A. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Wilayah Perkotaan dan Pedesaan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(4), 301–315.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sulhijrah Mustabil, Nur Fadhillah Latif, Devy Purnama Ashaf, Burhan Burhan, A. Rizal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




