ANALISIS PENGGUNAAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI PERGURUAN TINGGI

Authors

  • Yayuk Suprihartini Politeknik Penerbangan Indonesia Curug
  • Muhammad Abdun Jamil Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Bustanul Ulum Lampung Tengah
  • Camelia Safitri Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka
  • Muhammad Arsyad Universitas Sulawesi Barat
  • Yanry Budianingsih Universitas Subang
  • Baiq Fina Farlina STIKes Hamzar Memben Lombok Timur

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30118

Keywords:

Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan Learning Management System (LMS) dalam meningkatkan kualitas pendidikan di perguruan tinggi. Metode studi literatur digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis berbagai sumber yang relevan mengenai implementasi dan dampak LMS dalam konteks pendidikan tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LMS menyediakan berbagai fitur yang mendukung pengelolaan konten, interaksi dan komunikasi antara dosen dan mahasiswa, serta penilaian dan monitoring kinerja. Manfaat utama dari penggunaan LMS termasuk peningkatan aksesibilitas, fleksibilitas, keterlibatan mahasiswa, dan kualitas interaksi dalam proses pembelajaran. Meskipun demikian, tantangan dalam implementasi LMS meliputi keterbatasan infrastruktur teknologi, resistensi terhadap perubahan, dan keterbatasan anggaran. Untuk mengatasi tantangan tersebut, perguruan tinggi perlu meningkatkan infrastruktur teknologi, menyediakan pelatihan yang memadai, serta mengembangkan kebijakan yang mendukung penggunaan LMS. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan mengatasi tantangan yang ada dan memanfaatkan potensi penuh dari LMS, perguruan tinggi dapat secara signifikan meningkatkan kualitas pendidikan mereka

Downloads

Published

2024-06-23

How to Cite

Suprihartini, Y., Jamil, M. A. ., Safitri, C. ., Arsyad, M. ., Budianingsih, Y. ., & Farlina, B. F. . (2024). ANALISIS PENGGUNAAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI PERGURUAN TINGGI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 8070–8077. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30118

Most read articles by the same author(s)