PENGEMBANGAN POTENSI SISWA DENGAN PENDEKATAN MULTIPLE INTELLIEGENCES
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.40168Keywords:
Multiple IntelligencesAbstract
Masalah pendidikan di Indonesia telah menjadi bahan diskusi sejak lama. Guru sebagai tenaga pendidik banyak menerapkan pengetahuan berupa hafalan dan teori yang membuat anak jenuh saat belajar. Keberhasilan belajar anak hanya diukur dari peroleh nilai pelajaran yang diikuti, dan ketaatan pada aturan. Anak dengan kecerdasan lain dipandang sebelah mata. Guru melabel mereka sebagai anak yang suka membuat masalah, dan tidak patuh. Labeling ini membawa efek buruk yang merugikan bagi anak, terutama perkembangan mereka. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengembangan potensi siswa dengan pendekatan multiple intelligences. Metode penelitian ini adalah Sistematik Literatur Review. Pengumpulan artikel dilakukan secara elektronik, dengan menggunakan kata kunci “Multiple Intelligences” di mesin pencari. Pengembangan kreatif dalam pendidikan dengan memberikan kebebasan bagi siswa untuk belajar dan mengekspresikan diri melalui cara-cara yang sesuai dengan kecerdasan mereka, sangat penting dalam dunia yang semakin kompleks di mana inovasi dan kemampuan berpikir out-of-the-box menjadi sangat dihargai. Pendekatan MI menunjukkan peningkatan dalam kreativitas dan keterampilan pemecahan masalah, karena keragaman metode belajar yang memungkinkan mereka mengeksplorasi ide dan konsep baru. Kurikulum yang dirancang meliputi mencakup berbagai metode belajar seperti proyek, diskusi kelompok, kegiatan seni, dan permainan edukatif.References
Armstrong, T. (2003). The multiple intelligences of reading and writing: Making the words come alive. ASCD.
Chapman, C., & Freeman, L. (2009). Multiple Intelligences Across the Curriculum: Lessons for Every Learning Style. Scholastic Teaching Resources.
Chen, J. Q., Moran, S., & Gardner, H. (2009). Multiple Intelligences Around the World. San Francisco: Jossey-Bass.
Gardner, H. (1983). Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences. New York: Basic Books.
Healy, H. E. (2012). "Intelligent Intelligence Testing: Rethinking the Nature of Intelligence in School Settings." Educational Research Review, 7(3), 208-218.
https://pgsd.binus.ac.id/2021/12/07/1372/
https://www.kompasiana.com/sriwidiyati/61962ec1f4c07350da0e0ea2/implementasi-teori-multiple-intelligences-dalam-pengajaran
Hurlock, E. B. (1997). Psikologi Perkembangan Suatu pendekatan rentang kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Larson, D. (2001). Multiple Intelligences: A Perspective in Learning and Applicability.
Moran, S., Kornhaber, M., & Gardner, H. (2006). Orchestrating Multiple Intelligences. Educational Psychologist, 41(4), 175-195.
Resa Julianti Putri, Taopik Rahman , dan Qonita. Penerapan Model Pembelajaran Multiple Intelligences untuk Menyiapkan Siswa di Era Super Smart Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 3 Nomor 3 Tahun 2021 Halm 871 - 879 EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN Research & Learning in Education. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index
Shearer, C. B. (2004). Exploring the Relationship Between Intrapersonal Intelligence and Self-Concept in Primary Students Using Multiple Intelligences Theory. Journal of Educational Psychology, 96(3), 570–588.
Smith, M. K. (2002). “Howard Gardner and multiple intelligences,” The Encyclopedia of Informal Education.
Sri Wahyuni, Asriani Thahir, Rudi Karma, Ananda Putriani. Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menulis Puisi di Tingkat SMP. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp. Volume 6 Nomor 2, 2023 P-2655-710X e-ISSN 2655-6022
Sternberg, R. J. (1997). Successful Intelligence: How Practical and Creative Intelligence Determine Success in Life. Plume.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Wahyuni Budiastuti, Augustina Sulastri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.