ANALISIS PENGARUH DUKUNGAN ORANG TUA DAN PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP LITERASI NUMERASI SISWA SEKOLAH DASAR DI SD NEGERI 104219 TANJUNG ANOM
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44293Keywords:
Literasi Numerasi, Dukungan Orang Tua, Proses Pembelajaran, Pendidikan DasarAbstract
Literasi numerasi merupakan keterampilan esensial yang wajib dimiliki oleh siswa sekolah dasar guna mendukung pemahaman matematika dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Namun, hasil Asesmen Nasional menunjukkan bahwa banyak siswa masih memiliki tingkat literasi numerasi yang rendah. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pengaruh dukungan orang tua dan proses pembelajaran terhadap literasi numerasi siswa di SD Negeri 104219 Tanjung Anom. Metode penelitian yang dipakai adalah metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui angket dan tes numerasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa minat belajar, kebiasaan belajar, dorongan orang tua, metode pembelajaran, dan kemandirian siswa berpengaruh signifikan terhadap literasi numerasi mereka. Siswa yang memiliki minat tinggi terhadap matematika dan kebiasaan belajar yang baik memperoleh hasil numerasi lebih tinggi dibandingkan mereka yang kurang memiliki kebiasaan tersebut. Sokongan orang tua yang lebih dinamis dalam mendampingi belajar siswa juga berkontribusi dalam mengoptimalkan pemahaman numerasi siswa. Temuan ini menegaskan bahwa pendekatan pembelajaran yang interaktif, keterlibatan orang tua, serta strategi peningkatan motivasi siswa perlu dioptimalkan untuk meningkatkan literasi numerasi merekaReferences
Afandi, A., & Kurniawan, A. (2021). Pengaruh Kemampuan Literasi Numerasi dan Dukungan Orang Tua terhadap Hasil Belajar Matematika Soal Cerita Kelas III SD Tarbiyatul Islam Manang. Jurnal Elementary Education, 6(2), 123-130.
Anwar, C. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Capaian Literasi Matematika Siswa Indonesia pada PISA 2012. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20(4), 452-465.
Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. (2023). Asesmen Nasional: Asesmen Kompetensi Minimum. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Kalimantan Utara. (2023). Rapor Pendidikan Indonesia 2023. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Desforges, C., & Abouchaar, A. (2003). The Impact of Parental Involvement, Parental Support, and Family Education on Pupil Achievement and Adjustment: A Literature Review. Department for Education and Skills.
Fatonah, N. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Menumbuhkan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Seminar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 136-145.
Kemendikbudristek. (2023). Buku Panduan Capaian Hasil Asesmen Nasional. Pusat Penilaian Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Ningsih, S., & Kurniawan, A. (2022). Pengaruh Kemampuan Literasi Numerasi dan Dukungan Orang Tua terhadap Hasil Belajar Matematika Soal Cerita di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 11(1), 78-85.
OECD. (2021). PISA 2021 Mathematics Framework. OECD Publishing.
Patriana, D., & Suryadi, D. (2021). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Tingkat Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 45-56.
Putri, R. A., & Hidayat, W. (2023). Pengaruh Kemampuan Literasi Numerasi dan Dukungan Orang Tua terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 11(1), 78-85.
Sari, M. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Literasi Anak Kelas 1 SD Negeri 20 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Dasar, 13(2), 101-110.
Slavin, R. E. (2020). Educational Psychology: Theory and Practice (12th ed.). Pearson.
Suryani, N., & Wijaya, H. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Kontekstual. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(3), 211-220.
UNESCO. (2019). Global Education Monitoring Report: Literacy and Numeracy in the 21st Century. UNESCO Publishing.
Wahyuni, S. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Kelas Rendah di SDN 11 Duri Kepa. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(1), 15-25.
World Bank. (2020). Learning Poverty: Education Challenges and Policy Recommendations. World Bank Group.
Yulianti, K., & Prasetyo, Z. K. (2021). Analisis Peran Pola Pengasuhan Orang Tua dalam Perkembangan Literasi Anak. Jurnal Basicedu, 5(4), 2043-2052.
Zahra, F. (2021). Pentingnya Dukungan Orang Tua dalam Penguatan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(2), 98-105.
Zulkarnain, H. (2022). Strategi Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Pendidikan Matematika, 16(1), 55-65.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Taestin Glorya Grace Gift Siboro, Nazwa Gadisa, Miyana Dewi Elisabet Sitepu, M. Joharis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




