DEIXIS ANALYSIS IN SOCIAL MEDIA X (TWITTER) POSTS ON GENOCIDE
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.43297Keywords:
Deixis, Genocide, Social Media X (Twitter)Abstract
Di era digital, media sosial menjadi platform utama dalam membentuk opini publik terkait isu global, termasuk genosida. Diskusi mengenai genosida di X (sebelumnya Twitter) sering kali bersifat kontekstual dan kompleks, sehingga dapat menimbulkan tantangan dalam interpretasi pesan. Deiksis, sebagai konsep pragmatik, berfungsi menghubungkan bahasa dengan konteks untuk mengurangi ambiguitas dalam komunikasi, baik secara lisan maupun tulisan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan deiksis dalam unggahan X terkait genosida guna memahami bagaimana pesan disampaikan dan ditafsirkan. Dengan pendekatan deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui teknik dokumentasi dan dianalisis menggunakan tabel observasi checklist berdasarkan teori deiksis Levinson (1983). Hasil penelitian menunjukkan bahwa deiksis tempat (33%) dan deiksis personal (30%) merupakan jenis deiksis yang paling dominan, menandakan bahwa lokasi dan identitas memainkan peran sentral dalam wacana genosida di media sosial. Selain itu, ditemukan pula deiksis waktu (16%), deiksis sosial (9%), dan deiksis wacana (12%), yang turut berkontribusi dalam membangun makna kontekstual. Temuan ini mengindikasikan bahwa penggunaan deiksis berperan penting dalam menjaga kejelasan komunikasi.References
Anggraini, A. A., Salam, U., & Rahmani, E. F. (2024). An Analysis of Deixis Used in Facebook and Instagram Posted by EFL Students. PROJECT (Professional Journal of English Education), 7(4), 799–806.
Diessel, H. (2014). Deixis and Demonstratives. 1–25. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.13140/2.1.2103.7446
Dieudonne, S. M. (2023). An Analysis of Deixis in Cameroon Social Media. International Journal of Language, Linguistics, Literature, and Culture, 02(04), 19–34. https://doi.org/https://doi.org/10.59009/ijlllc.2023.0030
Febriza, M. R. (2020). A Deixis Analysis of Online Newspaper in Jakarta Post. PROJECT (Professional Journal of English Education), 3(6). https://doi.org/https://doi.org/10.22460/project.v3i6.p689-696
Gobel, F., Lihawa, K., & Hasanuddin. (2023). Personal Deixis Used In Malcolm X’s “The Ballot or The Bullet” Speech. LLT Journal: Journal on Language and Language Teaching, 26(1), 387–402. https://doi.org/https://doi.org/10.24071/llt.v26i1.4268
Latupeirissa, D. S. (2016). A Study on the Personal Deixis of Korbafo Dialect in Rote Language. International Journal of Linguistics, Literature and Culture, 2(1), 11–23. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21744/ijllc.v2i1.6
Levinson, S. C. (1983). Pragmatics. Cambridge University Press.
Mahmudova, S. A. (2023). Different Considerations About the Concept of Deixis. Theory and Practice in Language Studies, 13(7), 1674–1679. https://doi.org/10.17507/tpls.1307.10
Palupi, I. I. (2019). Deiksis Dalam Film A Walk To Remember Karya Adam Shankman (Analisis Pragmatik). Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi, 1(2).
Putra, K. M. E. S., & Santoso, R. B. (2023a). An Analysis of Pragmatic Deixis in Social Media. LINGUA (Jurnal Pendidikan Bahasa), 19(2), 169–180. https://doi.org/https://doi.org/10.34005/lingua.v19i2.3177
Putra, K. M. E. S., & Santoso, R. B. (2023b). An Analysis of Pragmatic Deixis in Social Media. Lingua, 19(2), 169–180. https://doi.org/https://doi.org/10.34005/lingua.v19i2.3177
Rosyidah, I. N. (2016). Deixis Used in Liverpool FC’s Live-tweets on Twitter. UIN Sunan Ampel Surabaya.
S, S. K., & Prakash, Dr. F. (2024). Digital Footprint in Social Media. International Journal of Research Publication and Reviews, 5(3), 1015–1019. https://doi.org/https://doi.org/10.55248/gengpi.5.0324.0646
Wibowo, A. I., & Naulfar, N. (2018). Deixis and Its Context Used in “Girl in Pieces” Novel by Kathleen Glasglow. Wanastra, 10(2), 73–84. https://doi.org/https://doi.org/10.31294/w.v10i2.4125
Williams, N. (2019). Deixis; Deixis and Indexicals. https://www.researchgate.net/publication/332079373
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nindia Dwi Citra, Ivan Achmad Nurcholis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.