EVALUASI KURIKULUM PENDIDIKAN BAHASA ARAB DI PERGURUAN TINGGI: ANALISIS KEBUTUHAN DAN TANTANGAN

Authors

  • Sumardianto Sumardianto UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39739

Keywords:

Evaluasi, Kurikulum, Pendidikan Bahasa Arab, Kebutuhan, Tantangan

Abstract

Kurikulum pendidikan Bahasa Arab di perguruan tinggi masih menghadapi berbagai tantangan, seperti keterbatasan kurikulum yang tidak selalu relevan dengan kebutuhan pasar kerja, kurangnya fasilitas pembelajaran yang memadai, serta ketidakselarasan antara kemampuan mahasiswa dan harapan kurikulum. Penelitian ini termasuk dalam jenis library research, di mana data utama diperoleh dari kajian literatur yang sudah ada. Sumber data utama dalam penelitian ini berasal dari artikel jurnal ilmiah yang dipublikasikan di berbagai jurnal akademik serta laporan hasil penelitian. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa 1). Kebutuhan kurikulum pendidikan Bahasa Arab di Perguruan Tinggi adalah bahwa kurikulum pendidikan Bahasa Arab di perguruan tinggi perlu fokus pada penguasaan kompetensi linguistik yang komprehensif (berbicara, menulis, membaca, dan mendengarkan), pemahaman keilmuan dan budaya Arab, serta pengembangan keterampilan profesional yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja. 2). Tantangan kurikulum pendidikan Bahasa Arab di Perguruan Tinggi adalah bahwa tantangan utama dalam kurikulum pendidikan Bahasa Arab adalah kurangnya pembaruan kurikulum yang sesuai dengan perkembangan zaman, keterbatasan pengajar yang berkualitas, kurangnya fasilitas pendukung pembelajaran, serta ketidaksesuaian antara kurikulum dan kebutuhan dunia kerja. 3). Upaya dalam mengoptimalkan kurikulum pendidikan Bahasa Arab di Perguruan Tinggi adalah bahwa upaya untuk mengoptimalkan kurikulum termasuk pembaruan kurikulum secara berkala, pengembangan profesionalisme pengajar, peningkatan fasilitas pembelajaran, dan kolaborasi dengan dunia industri untuk memastikan keselarasan antara kurikulum dan kebutuhan pasar.

References

Afaria, Z. (2020). Pengaruh Program Matrikulasi Terhadap Kemampuan Berbahasa Arab Mahasiswa Baru Pendidikan Bahasa Arab. Tatsqifiy Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 101-111. https://doi.org/10.30997/tjpba.v1i2.2803

Alnahdi, M., Alhaider, A., Bahanan, F., Aldubaikhi, A., Aljehani, A., Omair, A., … & Alaqeel, M. (2021). The Impact of the English Medical Curriculum on Medical History Taking from Arabic Speaking Patients by Medical Students. Journal of Family Medicine and Primary Care, 10(3), 1425-1430. https://doi.org/10.4103/jfmpc.jfmpc_1946_20

Alsuliman, T., Alasadi, L., Mouki, A., & Alsaid, B. (2019). Language of Written Medical Educational Materials for Non-English Speaking Populations: An Evaluation of a Simplified Bi-Lingual Approach. BMC Medical Education, 19(1). https://doi.org/10.1186/s12909-019-1846-x

Andiatma, A. (2019). Pengembangan Kurikulum Berbasis Pendidikan Karakter. Bada A Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(1), 31-43. https://doi.org/10.37216/badaa.v1i1.242

Anwar, Z. & Mauludiyah, L. (2022). Informal Methods for Improving Students' Senior High School Arabic Language Skills. Arabiyat Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 9(2), 205-216. https://doi.org/10.15408/a.v9i2.25661

Aziz, A., Prastya, D., Jubba, H., & Wahyuni, H. (2021). Evaluasi Kurikulum Pendidikan Agama di Sekolah Dasar Muhammadiyah 001 Sebatik Barat. Ideas Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 7(3), 1. https://doi.org/10.32884/ideas.v7i3.409

Faozia, F., Adawiyah, A., & Ubadah, U. (2022). Manajemen Pengembangan Kurikulum Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di MTS Negeri 2 Kota Palu di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Integrasi Manajemen Pendidikan, 1(1), 69-79. https://doi.org/10.24239/jimpi.v1i1.902

Hairit, A. (2024). Implementasi Manajemen Kurikulum Pendidikan Inklusif di MA Mambaul Ulum Bata-Bata Panaan Pamekasan: Tinjauan Praktis dan Evaluatif. Creativity, 2(1), 133-143. https://doi.org/10.62288/creativity.v2i1.15

Huda, N. (2017). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Al-Tanzim Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 52-75. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v1i2.113

Huda, N. (2023). Pentingnya Bahasa Arab dalam Pendidikan Diplomasi dan Hubungan Internasional. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(11), 1242-1252. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i11.2335

Husein, S. (2023). Teaching Methods, Challenges, and Strategies for Improving Students' Arabic Linguistic Competence. Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning, 6(3). https://doi.org/10.18860/ijazarabi.v6i3.23558

Khitom, K. & Taufik, T. (2023). Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab di Perguruan Tinggi Keislaman Islam Negeri (PTKIN). Tadris Al-Arabiyat Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 28-44. https://doi.org/10.30739/arabiyat.v3i1.1766

Khitom, K. & Taufik, T. (2023). Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab di Perguruan Tinggi Keislaman Islam Negeri (PTKIN). Tadris Al-Arabiyat Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 28-44. https://doi.org/10.30739/arabiyat.v3i1.1766

Laksono, T. & Izzulka, I. (2022). Evaluasi Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4082-4092. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2776

Masturoh, F. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Kalamuna Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 4(2), 207-232. https://doi.org/10.52593/klm.04.2.07

Mesra, R. & Salem, V. (2023). Pengembangan Kurikulum. https://doi.org/10.31219/osf.io/qyc5f

Munir, H. (2023). Evaluasi Kurikulum Bahasa Arab di SMP IT Jaisyul Qur’an Bandung. Setyaki Jurnal Studi Keagamaan Islam, 1(2), 1-10. https://doi.org/10.59966/setyaki.v1i2.196

Nawawi, M. (2017). Muhzin Nawawi - Pengembangan Kurikulum Pendidikan Bahasa Arab. An-Nabighoh Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab, 19(1), 85. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v19i1.759

Nisak, A. & Yuliastuti, R. (2022). Profil Kesiapan Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 1 Palang. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 4(2). https://doi.org/10.55719/jrpm.v4i2.527

Nuha, M. & Faedurrohman, F. (2022). Manajemen Perencanaan Kurikulum Bahasa Arab (Tinjauan Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi). Al-Muyassar Journal of Arabic Education, 1(2), 203. https://doi.org/10.31000/al-muyassar.v1i2.6488

Ritonga, A., Suib, M., & Zaky, A. (2023). Tantangan dan Hambatan: Analisis Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Era Society 5.0 di Perguruan Tinggi Agama Islam di Indonesia. Syntax Literate Jurnal Ilmiah Indonesia, 8(5), 3272-3280. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v8i5.11540

Rohimah, U. (2024). The Challenges of Implementing the Merdeka Curriculum in Arabic Language Learning: Perspectives from Indonesian Lecturers and Students. Jallt, 1(2), 85-92. https://doi.org/10.23971/jallt.v1i2.142

Rohman, H. & Rosyadi, F. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Berbasis CEFR untuk Meningkatkan Keterampilan Bahasa Arab Siswa / Development of Arabic Teaching Materials Based on the Common European Framework of Reference (CEFR) to Improve Students' Arabic Language Skills. Al Mah?ra Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 7(2), 163-183. https://doi.org/10.14421/almahara.2021.072-01

Sahreebanu, D., Nurcholis, A., Hidayatullah, S., & Rois, M. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Al Mi Yar Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 5(2), 195. https://doi.org/10.35931/am.v5i2.1346

Supardi, S. (2022). MBKM: Connected Curriculum of Arabic Departments in Indonesia. Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning, 5(3). https://doi.org/10.18860/ijazarabi.v5i3.16231

Suwadi, S. (2017). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam pada Pendidikan Tinggi. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 13(2), 223-252. https://doi.org/10.14421/jpai.2016.132-08

Tayem, Y., Alshammari, A., Albalawi, N., & Shareef, M. (2020). Language Barriers to Studying Medicine in English: Perceptions of Final-Year Medical Students at the Arabian Gulf University. Eastern Mediterranean Health Journal, 26(2), 233-238. https://doi.org/10.26719/2020.26.2.233

Tiniyyah, A. (2023). Evaluasi Kurikulum 2013 Menggunakan Model Campuran Multivariasi di Era Society 5.0: Studi Kasus di MAN 2 Kota Kediri. Dirasat Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 9(2), 137-150. https://doi.org/10.26594/dirasat.v9i2.3984

Utami, R. (2020). Desain Kurikulum Bahasa Arab di Indonesia. El-Ibtikar Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 9(1), 108. https://doi.org/10.24235/ibtikar.v9i1.6235

Zaqiah, Q. (2022). Kebijakan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam. Al-Munadzomah, 1(2), 97-111. https://doi.org/10.51192/almunadzomah.v1i2.320

Zarkasyi, A. (2023). Kurikulum Merdeka for Arabic Language Learning According to Piaget’s Cognitive Development Theory. Inovasi Kurikulum, 20(2), 305-316. https://doi.org/10.17509/jik.v20i2.61359

Downloads

Published

2024-09-29

How to Cite

Sumardianto, S. (2024). EVALUASI KURIKULUM PENDIDIKAN BAHASA ARAB DI PERGURUAN TINGGI: ANALISIS KEBUTUHAN DAN TANTANGAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 14365–14373. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39739

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.