STUDI KASUS: KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEMAMPUAN PENYELESAIAN SOAL PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Baiq Yuni Wahyuningsih Universitas Mataram
  • Vivi Rachmatul Hidayati Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39589

Keywords:

Kesulitan Belajar, Pemecahan Masalah, Matematika, Aritmatika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar matematika yang berdampak pada kemampuan pemecahan masalah siswa sekolah dasar. Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan untuk menggali secara mendalam kesulitan yang dialami siswa kelas VI SDN 14 Cakranegara dalam memahami konsep matematika dan penerapannya. Instrumen yang digunakan meliputi observasi kelas, wawancara semi-terstruktur, dan dokumentasi hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep, mengaitkan informasi, serta melakukan perhitungan aritmatika dasar. Selain itu, siswa cenderung memberikan jawaban yang singkat dan kurang terstruktur. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa termasuk rendahnya kemampuan aritmatika dasar, kesulitan dalam mengintegrasikan informasi, dan kurangnya pemahaman terhadap instruksi soal. Penelitian ini menyarankan intervensi pembelajaran berupa pendekatan yang lebih mendalam pada pemahaman konsep, latihan aritmatika rutin, dan bimbingan dalam penyusunan jawaban yang terstruktur untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.

References

Auliya, N. N. F. (2018). Etnomatematika Kaligrafi Sebagai Sumber Belajar Matematika Di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Matematika IAIN Kudus Vol 1 No 2 Hal 76 – 98

Batubara, D. N., Palupi, L., Siahaan, S. A., Mailani, E & Manjani, N. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa SD. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research Volume 4 Nomor 3 Tahun 2024 Page 17129 – 17135

Badraeni, N., Pamungkas, R. A., Hidayat, W., Rohaeti, E. E., & Wijaya, T. T. (2020). Analisis kesulitan siswa berdasarkan kemampuan pemahaman matematik dalam mengerjakan soal pada materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 247–253.

Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar.

Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090.

Dewi, D.K., Ernawati., Leni, N dkk. (2020). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMA Pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif Volume 3 Nomor 1, Januari 2020.

Dewi, Dara Kartika, dkk. (2020). Analisis Kesulitan Matematik Siswa SMP pada Materi Statistika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 04, No, 01

Diandita, E. R., Johar, R., & Abidin, T. F. (2017). Kemampuan komunikasi matematis dan metakognitif siswa SMP pada materi lingkaran berdasarkan gender. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 79–97. https://doi.org/10.22342/jpm.11.2.2533.

Fimillatika, R. R., & Haerudin, H. (2023). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita SPLDV berdasarkan tahapan newman. EduMatSains : Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 7(2), 231–243. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v7i2.3720

Kemdikbud. (2019). PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas, Saatnya Tingkatkan Kualitas. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/hasil-pisa-indonesia-2018-akses- makin-meluas-saatnya-tingkatkan-kualitas

Mariam, S., Eti Rohaeti, E., Sariningsih, R., Siliwangi, I., & Terusan Sudirman, J. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa madrasah aliyah pada materi pola bilangan. Journal on Education, 1(2), 156–162.

Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ramadhan, A. H., Alfiatussyifa., Aji, B., & Fadillah, N. N. (2023). Analisis Kesulitan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal cerita Pada Siswa kelas VII SMP TRIPLE J. Jurnal Pendidikan Indonesia (JOUPI) Vol. 1, No. 4 Desember 2023 hal 27-36

Ramdan, Z. M., Veralita, L., Rohaeti, E. E., & Purwasih, R. (2018). Analisis Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMKPada Materi Barisan dan Deret. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 7 Nomor 2 page 171.

Restuningsih., & Siti, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Pemecahan Soal Cerita Materi Persamaan dan Pertidkasamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Cartesian, Volume 01 Nomor 01 November 2021

Sherly., Dharma, E., dan Sihombing, H. B. (2020). Merdeka belajar: kajian literatur. UrbanGreen Conf. Proceeding Libr., vol. 1

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sumarni, A. (2013). Belajar bermakna dalam pendidikan. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Susilowati dkk. (2017). Analisis keterampilan berpikir kritis siswa madrasah Aliyah negeri di kabupaten magetan. Prosiding seminar nasional pendidikan sains. Halaman 223-229.

Trianto. (2010). Mendesain model pembelajaran inovatif progresif: Konsep, landasan, dan implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2024-12-18

How to Cite

Wahyuningsih, B. Y. ., & Hidayati, V. R. . (2024). STUDI KASUS: KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEMAMPUAN PENYELESAIAN SOAL PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 18133–18140. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39589

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.