ANALISIS KESULITAN SISWA KELAS III DALAM MEMAHAMI KONSEP MATEMATIKA: STUDI KASUS DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Diva Dwi Riyadi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Encep Supriatna Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.40227

Keywords:

Kesulitan Belajar, Pembelajaran Interaktif, Kurikulum, Penilaian Formatif, Pendidikan Matematika.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar matematika siswa kelas III sekolah dasar dan faktor-faktor yang memengaruhi pemahaman mereka terhadap konsep-konsep kunci, seperti pecahan, bilangan besar, dan pengukuran. Menggunakan metode studi kasus, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dari 15 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan siswa dipengaruhi oleh pendekatan pengajaran yang monoton, minimnya penggunaan media pembelajaran konkret, dan kurikulum yang tidak kontekstual. Interaksi guru-siswa yang tidak optimal dan dominasi penilaian sumatif memperburuk kondisi ini. Penelitian ini merekomendasikan penerapan strategi pembelajaran interaktif, kontekstual, dan berbasis teknologi untuk meningkatkan pemahaman siswa. Penilaian formatif juga diusulkan sebagai alat evaluasi yang mampu mendeteksi kesulitan belajar secara dini. Temuan ini menekankan perlunya reformasi sistem pendidikan yang lebih adaptif dan responsif terhadap kebutuhan siswa.

References

Amalia, D. R., Chan, F., & Sholeh, M. (2022). Analisis kesulitan siswa belajar operasi hitung perkalian pada pembelajaran matematika di kelas IV. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(3), 945-957.

Ananda, E. R., & Wandini, R. R. (2022). Analisis Perspektif Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 6(3), 4173-4181.

Anggraeni, S. T., Muryaningsih, S., & Ernawati, A. (2020). Analisis faktor penyebab kesulitan belajar matematika di sekolah dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1), 25-37.

Ayu, S., Ardianti, S. D., & Wanabuliandari, S. (2021). Analisis faktor penyebab kesulitan belajar matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1611-1622.

Fahradilla, A. H., Yuliawati, F., & Khoirinimah, S. M. K. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas II Sekolah Dasar. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 253-264.

Fitria, D., Wulandari, Y., & Hidayat, R. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar dalam Kemampuan Berhitung melalui Metode Observasi. TSAQOFAH, 3(5), 1020-1032.

Ikhlasia, R., Rahayu, P., & Nuraeni, F. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas III dalam Menyelesaikan Soal Cerita Operasi Hitung Campuran. In Renjana Pendidikan: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Vol. 4, No. 1, pp. 799-804).

Leby, L. N. B., Irianto, D. M., & Yuniarti, Y. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Operasi Hitung Pembagian Matematika Pada Siswa Kelas 3. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(1), 37-42.

Nasiruudin, F. A. Z., & Hayati, H. (2019). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Pecahan Pada Siswa Sekolah Dasar Di Makassar:(Studi Kasus Siswa Kelas V Sdn Inpres Panaikang Ii/1 Makassar). Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science, 1(2), 23-31.

Putri, M., Kuntarto, E., & Alirmansyah, A. (2021). Analisis kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran daring di era pandemi (studi kasus pada siswa kelas III sekolah dasar). AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(1), 91-108.

Rasyid, A. L. A. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar di Masa Pandemi. Jurnal Basicedu, 5(6), 6401-6408.

Rismawati, M., & Asnayani, M. (2019). Analisis Kesalahan Konsep Siswa Kelas IV dalam Menyelesaikan Soal Ulangan Matematika dengan Metode Newman. J-PiMat: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 69-78.

Rizqi, A. F., Adilla, B. L., & Sulistiyawati, E. (2023). Analisis kesulitan belajar matematika pada siswa sekolah dasar dan alternatif pemecahannya. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 481-488.

Saparwadi, L. (2022). Kesalahan Siswa Kelas Tiga Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Operasi Penjumlahan Pecahan. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 3(1), 1-6.

Taufik, M., & Rahayu, F. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas III Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Di SDN 3 Bentek Tahun Ajaran 2023/2024. Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Dasar, 2(3), 110-115.

Downloads

Published

2025-01-28

How to Cite

Riyadi, D. D., & Supriatna, E. (2025). ANALISIS KESULITAN SISWA KELAS III DALAM MEMAHAMI KONSEP MATEMATIKA: STUDI KASUS DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 1864–1873. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.40227

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.