KEBUTUHAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK (E-LKPD) DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS X DI SMA NEGERI 1 KAMPAR KIRI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39421Keywords:
Pendidikan, Pembelajaran Biologi, E-LKPD, Peserta didik, Media PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan hasil analisis kebutuhan peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Kampar Kiri terhadap penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) dalam pembelajaran Biologi.Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan melibatkan 31 peserta didik dan 1 guru melalui survei, angket dan wawancara. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pesentase kebutuhan peserta didik terhadap E-LKPD mencapai 78%. Peserta didik mengungkapkan bahwa peserta didik merasa kurang memahami pembelajaran hanya dengan penggunaan buku cetak saja dan peserta didik akan akan lebih memahami materi pembelajaran Biologi dengan bahan ajar yang lebih bervariasi.Pembelajaran yang dilakukan guru masih menggunakan bahan ajar yang didapatkan dari pemerintahan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik Elektornik (E-LKPD) sangat dibutuhkan dan memiliki potensi untuk meningkatkan pemahaman peserta didik dalam pelajaran Biologi.References
Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). PENTINGNYA PENDIDIKAN BAGI MANUSIA. 1(1), 1–23.
Anisa, S., Erika, F., & Nurhadi, M. (2024). Analisis Kebutuhan Siswa Untuk Pengembangan E-Lkpd Berbasis Problem Based Learning Terintegrasi Kearifan Lokal Sebagai Pendukung Implementasi Kurikulum …. Journal of Innovation and …, 1(1), 20–25.
Awe, E. Y., & Ende, M. I. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Elektronik Bermuatan Multimedia Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Pada Siswa Kelas IV SDI Rutosoro Di Kabupaten Ngada. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 48.
Dewi Chandrawita, E., & Lufri, L. (2023). Analisis Kebutuhan LKPD Elektronik Terintegrasi Live Worksheet Berbasis Android Tentang Materi Protista Untuk SMA. Jurnal Bioshell, 12(2), 103–110.
Lastri, Y. (2023). Pengembangan Dan Pemanfaatan Bahan Ajar E-Modul Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Citra Pendidikan, 3(3), 1139–1146.
Malalina, & Kesumawati, N. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Komputer Pokok Bahasan Lingkaran Untuk Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 7, 55–70.
Munandar, H., Yusrizal, & Mustanir. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPd) Berorientasi Nilai Islami Pada Materi Hidrolisis Garam. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 3(1), 27–37.
Nilawati, & Fati, N. (2018). Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan.
Nugroho, Y. S., Anifah, L., Sulistiyo, E., Cahyaningtias, S., & Rifqi Firmansyah. (2021). Analysis of Learning Quality With Internet-Based Distance Learning During the COVID-19 Pandemic. IJORER?: International Journal of Recent Educational Research, 2(1), 96–110.
Simanjorang, R. R. (2023). Fungsi Sekolah. Pediaqu:JurnalPendidikanSosialdanHumaniora, 2, 1–10.
Utami, A. P., & Zuhdiyah, R. P. (2020). Lembar Kerja Siswa Berbasis Problem Based Learning untuk Materi Segiempat. Suska Journal of Mathematics Education, 6(1), 61–68.
Widya Astuti, N., & Sikumbang, Y. dan D. (2019). Hubungan Praktikum dan Keterampilan Proses Sains Terhadap Hasil Belajar Materi Ekosistem. Jurnal Bioterdidik, 7(5).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jenny Br Simamora

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




