STUDI LITERATUR: ANALISIS KOMPETENSI GURU DALAM PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM MERDEKA

Authors

  • Titin Sunaryati Universitas Pelita Bangsa
  • Aprilla Adelia Universitas Pelita Bangsa
  • Farid Ilham Universitas Pelita Bangsa
  • Lili Rahmawati ZUniversitas Pelita Bangsa
  • Suryanti Suryanti Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31547

Keywords:

Kompetensi Guru, Evaluasi Pembelajaran, Kurikulum Merdeka

Abstract

Pengenalan strategi belajar mandiri memfasilitasi peran guru baik dalam pengembangan kurikulum maupun  proses pembelajaran. Dalam pembelajaran mandiri, guru berfungsi sebagai pendamping belajar  yang didukung oleh keterampilan profesional, pedagogik, personal, dan sosial, serta harus mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran yang dilaksanakannya. Penelitian mengenai masalah penilaian pembelajaran menunjukkan kesamaan yang sama yaitu kompetensi guru dalam kegiatan penilaian masih sangat rendah. Fakta ini didukung oleh persepsi bahwa banyak guru di bidang ini masih menganggap penilaian tidak penting dan fokus  pada pengajaran konten sebanyak mungkin. Kegunaan penelitian ini adalah untuk membantu guru memahami pentingnya kompetensi yang dibutuhkan ketika melaksanakan kegiatan penilaian pembelajaran pada kurikulum mandiri. penilaian tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) kemampuan guru dalam melaksanakan kurikulumnya sendiri, (2) melaksanakan kegiatan evaluasi guru dalam melaksanakan kurikulumnya sendiri, dan (3) kemampuan guru dalam melaksanakan penilaian pembelajaran pada kurikulumnya sendiri adalah. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur review dengan studi literatur. Metode ini mengumpulkan data baik dari artikel jurnal maupun beberapa diskusi pendidikan lainnya, termasuk berbagai informasi dan referensi.Hasil penelitian ini adalah bagaimana kompetensi guru mempengaruhi praktik penilaian.

Downloads

Published

2024-07-12

How to Cite

Sunaryati, T. ., Adelia, A. ., Ilham, F. ., Rahmawati, L. ., & Suryanti, S. (2024). STUDI LITERATUR: ANALISIS KOMPETENSI GURU DALAM PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM MERDEKA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 10099–10104. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31547