PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DOSEN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PERILAKU BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH LABORATORIUM AKUNTANSI DI UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Authors

  • Saripah Saripah Universitas Indraprasta PGRI
  • Wening Estiningsih Universitas Indraprasta PGRI
  • Sri Mardiyati Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39147

Keywords:

Kompetensi Profesional Dosen, Motivasi Belajar, Perilaku Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kompetensi profesional Dosen dan motivasi belajar terhadap perilaku belajar mahasiswa pada mata kuliah Laboratorium Akuntansi di Universitas Indraprasta PGRI baik secara simultan maupun secara parsial.  Populasi dalam sampel ini adalah berjumlah  282  mahasiswa dengan jumlah sampel sejumlah 165 mahasiswa melalui purposive sampling teknik.  Metode survey dan uji regresi linier berganda  merupakan metode teknik analisis yang digunakan.  Secara simultan hasil dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi profesional dosen dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap perilaku belajar mahasiswa pada mata kuliah laboratorium akuntansi di Universitas Indraprasta PGRI. Tidak terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi profesional dosen terhadap perilaku belajar mahasiswa pada mata kuliah laboratorium akuntansi di Universitas Indraprasta PGRI. Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap perilaku belajar mahasiswa mahasiswa pada mata kuliah laboratorium akuntansi di Universitas Indraprasta PGRI

References

Alam, Y. (2018a). Kompetensi Dosen, Motivasi Belajar Mahasiswa dan Dampaknya terhadap Prestasi Mahasiswa dalam Pembelajaran Pengantar Ekonomi (studi pada mahasiswa program studi Manajemen Informatika AMIK Bina Sriwijaya Palembang). JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS SRIWIJAYA, 16(1), 23–30. https://doi.org/10.29259/jmbs.v16i1.6244

Alam, Y. (2018b). Kompetensi Dosen, Motivasi Belajar Mahasiswa dan Dampaknya terhadap Prestasi Mahasiswa dalam Pembelajaran Pengantar Ekonomi (studi pada mahasiswa program studi Manajemen Informatika AMIK Bina Sriwijaya Palembang). JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS SRIWIJAYA, 16(1), 23–30. https://doi.org/10.29259/jmbs.v16i1.6244

Arnila, R. A., & Ahyani, H. (2021). Peningkatan Pemahaman Dasar Akuntansi Mahasiswa melalui Penerapan Direct Instruction Dengan Media Worksheet. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(2), 389. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v9i2.40853

Dewayani, M. A., & Chasanah, C. (2017). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Mahasiswa Akuntansi dalam Pemilihan Karir sebagai Akuntan Publik. Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi, 15(2), 176–183. https://doi.org/10.31603/bisnisekonomi.v15i2.1846

Dewi, I. A. R. P., & Sari, M. M. R. (2018). Persepsi Mahasiswa Akuntansi Reguler dan Non Reguler Universitas Udayana Terhadap Minat Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi, 2242. https://doi.org/10.24843/EJA.2018.v25.i03.p23

Julia, A. P., & Hayati, F. (2022). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Dan Prestasi Belajar Mahasiswa. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), 6(2), 117. https://doi.org/10.36339/jaspt.v6i2.720

Muhammad, M. (2017). PENGARUH MOTIVASI DALAM PEMBELAJARAN. Lantanida Journal, 4(2), 87. https://doi.org/10.22373/lj.v4i2.1881

Nur Safei, M., & Setiawan, I. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pelita Bangsa Angkatan 2019. Journal of Economics and Business UBS, 12(3), 1657–1674. https://doi.org/10.52644/joeb.v12i3.248

Downloads

Published

2024-12-13

How to Cite

Saripah, S., Estiningsih, W. ., & Mardiyati, S. . (2024). PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DOSEN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PERILAKU BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH LABORATORIUM AKUNTANSI DI UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 17690–17696. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39147

Similar Articles

<< < 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.