LEMBAGA PENDIDIKAN KRISTEN SEBAGAI SUATU SISTEM SOSIAL TERKHUSUS DI LEMBAGA PENDIDIKAN KRISTEN PAUD KRISTEN LITTLE JOSHUA

Authors

  • Gita Sonya Sagala Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
  • Sorta Simamora Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
  • Tiur Era Sanita Situmorang Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
  • Tioliza Manalu Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
  • Enjelina Aruan Institut Agama Kristen Negeri Tarutung

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.37337

Keywords:

Sistem Sosial, Standar Akademik, Agen Perubahan, Holistik, Moral

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis PAUD Kristen Little Joshua sebagai suatu sistem sosial, yang berfokus pada integrasi nilai-nilai Kristiani dalam proses pembelajaran dan pembentukan karakter anak. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi langsung dan wawancara dengan pemilik yayasan serta guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PAUD Kristen Little Joshua tidak hanya berkomitmen untuk mencapai standar akademik yang tinggi, tetapi juga menanamkan nilai-nilai kasih, kejujuran, dan tanggung jawab dalam interaksi sehari-hari. Lembaga ini berfungsi sebagai agen perubahan sosial dengan melibatkan orang tua dan masyarakat dalam proses pendidikan, menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan mendukung perkembangan holistik peserta didik. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya peran lembaga pendidikan Kristen dalam membentuk generasi penerus yang memiliki karakter kuat dan moral yang baik di tengah tantangan globalisasi dan sekularisme. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman tentang efektivitas manajemen lembaga pendidikan Kristen sebagai suatu system sosial dalam konteks pendidikan anak usia dini.

References

Abdul Hamid, B. (n.d.). Lembaga Pendidikan Agama Dalam Membentuk Masyarakat Madani.

Abdussamad, H. Z., & Sik, M. S. (2021). Metode penelitian kualitatif. CV. Syakir Media Press.

Atmodjo, S. S., Kutoyo, S., Rakhman, B., Arfa, D., Riady, Y., Rotikan, K. J., Wahyuni, I., & Sari, A. R. (2023). Sistem Sosial Indonesia.

Legi, H., & Sibarani, H. (2023). Problematika Pendidikan Kristen Di Indonesia Di Tengah Kemerosotan Moral. TEVUNAH: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 1(2), 166–181.

Naibaho, D., & Sitorus, E. G. F. (2023). Pentingnya Guru dalam Menguasai Substansi Materi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(3), 166–171.

Purwanto, H. (2024). Pendidikan Kristen Dalam Pendidikan Nasional: Peran dan Tantangannya. Proceeding National Conference of Christian Education and Theology, 2(1), 10–17.

Downloads

Published

2024-11-11

How to Cite

Sagala, G. S. ., Simamora, S. ., Situmorang, T. E. S. ., Manalu, T. ., & Aruan, E. . (2024). LEMBAGA PENDIDIKAN KRISTEN SEBAGAI SUATU SISTEM SOSIAL TERKHUSUS DI LEMBAGA PENDIDIKAN KRISTEN PAUD KRISTEN LITTLE JOSHUA . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 16163–16168. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.37337